Pengaruh Kualitas Pelayanan, Distribusi dan Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Logam Mulia pada PT. Pegadaian Manado Area 2 Cabang Bitung

Authors

  • Yudistira Dwi Kurnia Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.59526

Abstract

Perkembangan ekonomi dunia menjadi semakin modern dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut menjadikan setiap manusia untuk dapat memenuhi keperluan dan keinginan masing-masing. Masyarakat indonesia mulai mengeluti emas yang dijadikan investasi, hal itu dibuktikan dengan investasi emas yang tingkat resikonya rendah. Logam mulia menjadi salah satu produk yang diminati atau dibeli oleh masyarakat karena logam mulia tidak mengalami penyusutan, memiliki resiko yang rendah dan aman untuk disimpan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Distribusi dan Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Produk Logam Mulia pada PT. Pegadaian Manado Area 2 Cabang Bitung. Jenis penelitian ini adalah asosiatif pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan di analisis menggunakan alat analisis SPSS versi 27. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Kualitas pelayana, Distribusi dan Promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan penjualan. Sedangkan uji parsial menunjukkan Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan penjualan, Distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan penjualan dan Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan penjualan.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Distribusi, Promosi, Peningkatan Penjualan

Downloads

Published

2025-01-15