ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO HEAD AND SHOULDERS DI 24 MART MANADO

Authors

  • Valentine Parengkuan Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Altje Tumbel Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Rudy S. Wenas Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5972

Abstract

Perkembangan dunia usaha ini ditandai dengan makin banyaknya persaingan. Tujuan perusahaan adalah memperoleh laba yang maksimal. Untuk memperoleh laba yang maksimal perusahaan harus menjual produk terlebih dahulu. Keputusan pembelian konsumen sangat menentukan penjualan suatu perusahaan dan nantinya akan mempengrahui laba bersih perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Brand Image dan Celebrity Endorsmet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment terhadap keputusan pembelian konsumen Head and Shoulders di 24 Mart Bahu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah enam puluh delapan Responden dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image dan Celebrity Endorsement berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial Brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan Celebrity Endorsment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil ini menunjukkan ternyata orang dalam menggunakan produk shampo tidak melihat image atau citra merek itu sendiri tetapi terpengaruh oleh bintang iklan itu. Maka manajemen perusahaan sebaiknya tetap mempertahankan Celebrity endorsment untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap penggunaan produk.

Kata kunci: brand Image, celebrity endorsment, keputusan pembelian

Author Biographies

Valentine Parengkuan, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Altje Tumbel, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Rudy S. Wenas, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-10-31