PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA CAFE DAN RESTO CABANA MANADO

Authors

  • Johanes Gerardo Runtunuwu Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sem Oroh Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Rita Taroreh Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5973

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menuntut para pelaku bisnis untuk memaksimalkan kinerjanya melalui kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis dan mampu menciptakan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan  pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dan tekhnik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Kualitas produk berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Manajemen Cafe dan Resto Cabana Manado sebaiknya meningkatkan kualitas produk agar kepuasaan pengguna dapat selalu terpenuhi.

Kata kunci: kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna

Author Biographies

Johanes Gerardo Runtunuwu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Sem Oroh, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Rita Taroreh, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-10-31