Pengaruh Brand Positioning, Keragaman Produk, dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Keputusan Pembelian di Sociolla Manado Town Square

Authors

  • Andriyanie Maria Agone Universitas Sam Ratulangi
  • Ivonne S. Saerang Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pengaruh dari brand positioning, keragaman produk dan hedonic shopping motivation terhadap keputusan pembelian di Sociolla Manado Town Square. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan menggunakan skala likert yang disebarkan kepada 100 responden pengunjung Sociolla Manado Town Square. Model pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand positioning berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan diperoleh nilai t hitung -2,399 ≤ 1,984 dengan tingkat signifikan 0,018 ≤ 0,05. Selanjutnya, keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan diperoleh nilai t hitung 2,621 ≥ 1,984 dengan tingkat signifikan 0,010 ≤ 0,05. Hedonic shopping motivation juga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 7,599 ≥ 1,984 dengan tingkat signifikan 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa Brand positioning, Keragaman Produk, dan Hedonic Shopping Motivation secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Sociolla Manado Town Square dengan diperoleh f hitung 51,655 ≥ 2,70 dengan tingkat signifikan 0,000 ≤ 0,05.

Kata Kunci : Brand Positioning, Keragaman Produk¸ Hedonic Shopping Motivation¸ Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2025-01-23