Pengaruh Prestise Merek dan Hambatan Berpindah terhadap Retensi Pelanggan pada Produk Executive Cabang Megamall Manado

Authors

  • Nur Asia Samsuddin Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepeno Universitas Sam Ratulangi
  • Mira H. Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60047

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Prestise Merek dan Hambatan Berpindah terhadap Retensi Pelanggan pada produk Exeucive cabang Megamall Manado. Jenis pendekatan kajian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang dinilai berdasarkan poin dengan skala likert. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengguna atau pembeli produk Executive cabang Megamall Manado. Alat statistik yang digunakan dalam pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestise merek dan hambatan berpindah secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi pelanggan pada produk Executive cabang Megamall Manado. Hasil dalam penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi produk Executive untuk memanfaatkan prestise merek dan hambatan berpindah sebagai strategi dalam menarik dan meningkatkan retensi pelanggan.

Kata Kunci : Prestise Merek, Hambatan Berpindah, Retensi Pelanggan

Downloads

Published

2025-01-21