PENGARUH DIGITAL MARKETING INOVASI PRODUK DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KOPI KENANGAN DI KAWASAN MEGAMAS MANADO

Authors

  • Fara Zavira Latola Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Debry C. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60136

Abstract

Kedai kopi di Indonesia, khususnya di kota Manado, telah mengalami pertumbuhan pesat dengan beragam konsep yang memadukan nuansa tradisional dan modern, menjadikannya daya tarik tersendiri bagi anak muda. Gaya hidup yang semakin modern dan keinginan untuk mengikuti tren membuat banyak orang tertarik untuk menikmati kopi, baik sebagai minuman harian maupun sebagai bagian dari pengalaman sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Digital Marketing, Inovasi Produk dan Brand Equity memengaruhi Kepuasan Konsumen pada Kopi Kenangan Kawasan Megamas Manado. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dan besaran jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang dibagikan kepada 100 responden konsumen Kopi Kenangan Kawasan Megamas Manado. Model pengelolahan data yang digunakan untuk menganilisis data adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  digital marketing, inovasi produk dan brand equity secara simultan maupun parsial berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Kopi Kenangan Kawasan Megamas Manado.

 

Kata Kunci : Digital Marketing, Inovasi Produk, Brand Equity dan Kepuasan Konsumen

Downloads

Published

2025-01-18