Pengaruh Fahion Involvement, Visual Merchandising Dan Utilitarian Motivation Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Shopee Di Silian Raya
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60549Abstract
Dalam era teknologi yang semakin maju, banyak pelaku bisnis memanfaatkan Shopee sebagai tempat untuk menjual produk. Toko online tentu memerlukan strategi pemasaran yang baik, salah satunya dengan menawarkan produk fashion yang sedang trend. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Fashion Involvement, Visual Merchandising dan utilitarian motivation terhadap perilaku impulsve buying pelanggan Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling dimana para responden dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan peneliti yaitu masyarakat yang tinggal di wilayah Silian Raya dan menggunakan aplikasi Shopee sebagai alat berbelanja online. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 100 responden melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil analisis menunjukkan bahwa Fashion Involvement (X1), Visual Merchandising (X2) dan Utilitarian Motivation (X3) secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulsve Buying (Y).
Kata kunci: Fashion Involvement, Visual Merchandising, Utilitarian Motivation, Impulsive Buying