PENGARUH LIVE STREAMING, FREE SHIPPING DAN CONTENT REVIEW, TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP DI WILAYAH RANOWANGKO

Authors

  • Chensy Cesya Langi Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce. S.L.H.V. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60554

Abstract

Dalam era teknologi yang semakin maju, banyak pelaku bisnis memanfaatkan TikTok sebagai media promosi yang efektif untuk menyampaikan pesan dengan cepat. Dalam industri e-commerce di Indonesia, toko online memerlukan strategi, salah satunya adalah penyebaran informasi produk. Selain itu, tiga indikator dalam penelitian ini dapat memengaruhi dan memicu perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming, Free Shipping, dan Content Review terhadap Pembelian Impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel terdiri dari 100 responden melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, Live Streaming (X1), Free Shipping (X2), dan Content Review (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku Impulse Buying (Y).

 

Kata Kunci: Siaran Langsung , Pengiriman Gratis, Ulasan Konten, Pembelian Impulse

 

Downloads

Published

2025-02-05