PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MENGGUNAKAN JASA RAWAT INAP DI RSUD ROBERT WOLTER MONGISIDI MANADO

Authors

  • Ayu Arnita Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy S. Wenas Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i2.60913

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya perbaikan dan pembangunan fasilitas kesehatan yang berkualitas, memicu persaingan antara layanan kesehatan. Brand image yang baik menjadi faktor penting dalam menarik perhatian dan mempertahankan konsumen, termasuk pada rumah sakit yang berperan memberikan layanan berkualitas sesuai reputasi yang sudah dibangun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rawat Inap di RSUD Robert Wolter Mongisidi Manado. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel independen common product attributes, benefits, or attitudes (X1), people and relationships (X2), dan corporate credibility (X4) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen keputusan pasien. Namun, untuk variabel values and program (X3) secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen keputusan pasien. Untuk hasil uji F dapat diketahui bahwa variabel common product attributes, benefits, or attitudes (X1), people and relationships (X2), values and program (X3), serta corporate credibility (X4), secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen keputusan pasien.

Kata Kunci: brand image, keputusan pasie, rumah sakit

 

Downloads

Published

2025-05-14