PENGARUH LABEL HALAL, GAYA HIDUP DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOSMETIK WARDAH DI KOTA MANADO

Authors

  • Novelia T. Imung Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i2.61703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Label Halal, Gaya Hidup dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen yang menggunkan kosmetik wardah di kota manado. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Manado yang menggunakan kosmetik Wardah. Sampel diambil menggunakan Slovin dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji t, uji F serta uji keofisien korelasi berganda (R) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Label Halal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Word of Mouth juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga variabel independen tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian pada tingkat yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Label Halal, Gaya Hidup dan Word Of Mouth dapat meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Manado.

Kata Kunci : Label Halal, Gaya Hidup, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2025-05-19