MOTIVASI, SIKAP DAN MINAT BELI KONSMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PT. HASJRAT ABADI SENTRAL YAMAHA MANADO

Authors

  • Opricard Montjai Universitas Sam Ratulangi
  • Bernhard Tewal Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P.K. Lengkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6215

Abstract

Penelitian ini didasari dari kondisi persaingan bisnis yang cukup ketat dan tinggi khususnya industri otomotif, sehingga perusahaan dituntut untuk merancang strategi pemasaran terlebih khusus strategi untuk memahami perilaku konsumen, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan mampu mempertahankan konsumen didalam persaingan pangsa pasar yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi, sikap, dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6785. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian adalah asosiatif, dengan teknik analisis regresi berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Motivasi, sikap dan minat beli konsumen berpengaruh signifikan secara simultan, tetapi secara parsial hanya variabel sikap yang berpengaruh signifikan. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor psikologi konsumen dari segi motivasi, sikap dan minat beli konsumen, sehingga perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan.

Kata kunci : motivasi, sikap, minat beli, keputusan pembelian

Author Biographies

Opricard Montjai, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Bernhard Tewal, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Victor P.K. Lengkong, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-11-09