PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE DI PEGADAIAN CABANG PELAYANAN MANADO TIMUR

Authors

  • Chesya Liliantie Tenga UNIVESITAS SAM RATULANGI
  • Altje L. Tumbel
  • Silcyljeova Moniharapon

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i03.62693

Abstract

Minat nasabah dalam menggunakan aplikasi adalah indikator penting yang mencerminkan potensi adopsi dan keberhasilan layanan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, fitur layanan, dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service di Pegadaian Cabang Pelayanan Manado Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memiliki ciri utama ialah anggota sampel yang dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden. Metode yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukan bahwa kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Fitur layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menunjukkan bahwa fitur yang relevan dan mudah diakses meningkatkan minat pengguna. Kepercayaan nasabah terhadap aplikasi juga terbukti berpengaruh signifikan. Dan uji simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kemudahan penggunaan, fitur layanan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan aplikasi pegadaian Digital Service di pegadaian cabang pelayanan manado timur.

 

Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Kepercayaan, Minat Menggunakan

Downloads

Published

2025-07-23