ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RUMAH MAKAN COTO MAKASSAR MAS DHIAZ DAN MAS IPU DI KOTAMOBAGU

Authors

  • Elmy Ladalle universitas sam ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon
  • Raymond Ch. Kawet

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i2.63555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Mas Dhiaz dan Mas Ipu di Kotamobagu. Metode penelitian menggunakan pendekatan komparatif dengan menggunakan jenis data penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk membandingkan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 99 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keandalan, daya tanggap jaminan empati, kepuasan pelanggan Rumah Makan Mas Dhiaz dan Mas Ipu dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara bukti fisik  Rumah Makan Mas Dhiaz dan Mas Ipu yang artinya terdapat perbedaan antara kedua rumah makan tersebut.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Author Biographies

Silcyljeova Moniharapon

Dosen Pembimbing 1

Raymond Ch. Kawet

Dosen Pembimbing 2

Downloads

Published

2025-06-03