ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA UD. YUNITA BAKERY
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6464Abstract
Pertumbuhan ekonomi bisnis di era globalisasi menuntut seluruh perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk menjalankan suatu bisnis di perlukan informasi. Informasi diperlukan oleh pihak manajemen untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Salah satu informasi penting untuk perencanaan dan pengambilan keputusan adalah mengenai informasi analisis biaya diferensial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perhitungan biaya diferensial yang dilakukan oleh perusahaan dalam menerima atau menolak pesanan khusus serta untuk menganalisis biaya diferensial dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam menerima atau menolak pesanan khusus. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan  manajemen belum menerapkan analisis biaya diferensial dalam menghitung harga pokok produksi untuk sebuah pesanan khusus. Hasil analisis mengenai biaya diferensial, khususnya pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukan bahwa dari alternatif yang diajukan mampu menerima pesanan khusus. Manajemen UD. Yunita Bakery sebaiknya mulai menerapkan analisis biaya diferensial agar pesanan khusus dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif untuk meningkatkan laba perusahaan.
Kata kunci: biaya diferensial, pengambilan keputusan, pesanan khusus