PENGARUH MOTIVASI, UPAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR CATATAN SIPIL MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7084Abstract
Manajemen sumber daya manusia merupakan cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama dalam sebuah organisasi. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi, upah, dan disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai kantor catatan sipil di manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai kantor catatan sipil manado. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, yaitu mengambil seluruh sampel sebanyak 43 responden. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif untuk menguji keterhubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi, upah, dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. motivasi, upah, dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sebaiknya pihak pimpinan di kantor catatan sipil, dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja karyawan sehingga tujuan utama dari organisasi dapat tercapai.
Kata kunci: motivasi, upah, dan disiplin kerja, kinerja pegawai