ANALISIS PERILAKU BIAYA DALAM MEMBUAT KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT. PUTRA KARANGETANG
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7613Abstract
Pertumbuhan ekonomi dan bisnis di era globalisasi menuntut seluruh perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Untuk menjalankan suatu bisnis diperlukan informasi. Informasi diperlukan oleh pihak manajemen untuk mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan analisis perilaku biaya dalam membuat keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan manajemen belum menerapkan analisis perilaku biaya dalam pemisahan biaya tetap dan biaya variabel. Hasil analisis perilaku biaya, khususnya pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukan dari alternatif yang diajukan mampu menerima pesanan khusus, karena harga jual pesanan khusus lebih besar dari biaya variabel. Manajemen PT. Putra Karangetang sebaiknya mulai menerapkan analisis perilaku biaya agar pesanan khusus dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif untuk meningkatkan laba perusahaan.
Kata kunci: perilaku biaya, pengambilan keputusan, pesanan khusus