PENGARUH BRAND EQUITY, STORE ATMOSPHERE DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN FASHIONABLE PADA 3 SECOND MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Maikell Marchall Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7805

Abstract

Era globalisasi saat ini, mendorong perkembangan bisnis pakaian fashion dan menunjukan peningkatan yang pesat yang terjadi diberbagai negara. Adanya perkembangan bisnis pakaian fashion ini, menyebabkan timbulnya persaingan antar pelaku bisnis, dalam bidang ritel pakaian fashion, sehingga setiap pelaku bisnis di tuntut untuk memenangkan persaingan. Menciptakan ekuitas merek yang kuat dibenak konsumen dan merancang suasana lingkungan toko yang menarik, nyaman dan menyenangkan serta mampu memahami sikap konsumen yang ada di pasar merupakan salah satu cara dalam bersaing dengan kompetitor yang ada, serta mendorong konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh brand equity, store atmosphere dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin, sebanyak 97 responden. Alat analisis digunakan Regresi Linier Berganda dan menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan secara simultan brand equity, store atmosphere dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial brand equity dan store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara sikap konsumen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya manajemen 3 Second memperhatikan brand equity dan store atmosphere untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Kata kunci: brand equity, store atmosphere, sikap konsumen, keputusan pembelian.

Author Biographies

Maikell Marchall, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Ferdy Roring, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-05-02