ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PRODUK PADA PRODUK HANDPHONE BLACKBERRY DAN SAMSUNG (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado)

Authors

  • Natalia Bahiu Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sjendry Loindong Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8291

Abstract

Kinerja produk diantaranya ditentukan melalui persepsi kualitas konsumen. Kinerja seringkali disikapi secara berbeda oleh konsumen pada masing-masing produk, pada persepsi konsumen mereka akan mengevaluasi kinerja dari suatu produk apakah sesuai dengan harapan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Kinerja produk dari Handphone Blackberry dan Samsung. Perbedaan Kinerja Produk ini dilihat dari atribut-atribut pada smartphone diantaranya adalah: Kualitas Produk, Fitur, Desain dan Brand Equity. Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif, yang bertujuan untuk melihat perbedaan variabel yang akan diuji. Populasi dalam penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Manado dan sampel diambil berjumlah 100 responden yang masing-masing menggunakan handphone Blackberry dan Samsung. Penelitian ini menggunakan analisis Paired Sample Test (Pengujian satu sample berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada Fitur Produk dan Brand Equity dari Samsung dan Blackberry dan terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada Kualitas dan Desain Produk dari Samsung dan Blackberry. Produsen Blackberry dan Samsung sebaiknya lebih mengembangkan inovasi produk untuk mengikuti permintaan konsumen.

 

Kata kunci: kinerja produk, kualitas, fitur, desain, brand equity

Author Biographies

Natalia Bahiu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Sjendry Loindong, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-05-12