ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOLLAND BAKERY BOULEVARD MANADO

Authors

  • Greifie Lumintang Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jopie J. Rotinsulu Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8293

Abstract

Kompetisi antar perusahaan saat ini sangat ketat, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Konsep pemasaran modern juga mengalami perkembangan dengan menempatkan konsumen sebagai perhatian utama. Produsen berlomba-lomba untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk dengan jenis dan kegunaan yang sama. Konsumen juga bersikap lebih selektif dan kritis dalam memilih produk. Konsumen tidak lagi membeli produk sekedar berdasarkan wujud fisik, namun juga termasuk segala aspek pelayanan yang melekat pada produk tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Holland Bakery Boulevard Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode adalah analisis Regresi Linear Berganda.Hasil penelitianbahwa kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen padaHolland Bakery. Manajemen sebaiknya meningkatkan kepuasan konsumen dan fokus terhadap strategi pemasaran seperti kualitas produk dan kualitas layanan.

 

Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan,kepuasan konsumen

Author Biographies

Greifie Lumintang, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Jopie J. Rotinsulu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-05-12