ANALISIS HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL MANADO GRACE INN

Authors

  • Rendy Gulla Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sem George Oroh Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8297

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2015, menyebabkan perusahaan harus mampu menciptakan stategi harga, promosi, dan kualitas pelayanan yang menarik untuk memenangkan konsumennya. Kepuasan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Manado Grace Inn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dan teknik analisis Regresi Linear Berganda, dimana jumlah sampel sebanyak 96 responden berdasarkan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan harga, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sementara variabel promosi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Mengingat harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan pada Hotel Manado Grace Inn, sebaiknya manajemen perusahaan memperhatikan faktor harga dan kualitas pelayanan untuk mempertahankan konsumen.

 

Kata kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Author Biographies

Rendy Gulla, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Sem George Oroh, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Ferdy Roring, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-05-12