PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. BANK BCA TBK. DI MANADO

Authors

  • Christian Victor Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Rotinsulu Jopie Jorie Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jacky S B Sumarauw Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8695

Abstract

Abstrak: Customer relationship management (CRM) merupakan satu dari sekian banyak strategi yang diterapkan oleh banyak perusahaan, agar mereka dapat bertahan dalam persaingan yang ketat saat ini. PT. Bank Central Asia Tbk. (BCA) saat ini bukan hanya mampu bertahan namun dapat menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Penerapan CRM yang baik dan meningkatkan kepercayaan para nasabah yang bertujuan untuk memuaskan konsumen merupakan salah satu strategi mereka untuk dapat bertahan dalam persaingan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh CRM dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen PT. BCA Tbk di Manado. Metode yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CRM dan kepercayaan, masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Namun, CRM dan kepercayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Manajemen BCA sebaiknya fokus pada meningkatkan kepercayaan para nasabah mereka dan penerapan CRM secara baik, seperti menjaga ketersediaan setiap ATM di Manado dan tetap terus menjaga hubungan yang baik kepada para nasabahnya.

Kata kunci: customer relationship management, kepercayaan, kepuasan, loyalitas konsumen

Author Biographies

Christian Victor, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Rotinsulu Jopie Jorie, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Jacky S B Sumarauw, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-08-03