KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN, PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR TRI DI KELURAHAN WAWALINTOUAN TONDANO BARAT

Authors

  • Fanly W Manus Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8697

Abstract

Abstrak: Persaingan dalam bisnis operator seluler saat ini kian meningkat seiring berkembangnya teknologi komunikasi. Hal ini menuntut perusahaan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas produk serta layanannya dan lebih cermat dalam menentukan harga agar perusahan dapat bersaing dengan kompetitornya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga serta kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel yang digunakan 100 responden. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk, harga serta kualitas layanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Tri. Manajemen PT. Hutchison 3, sebaiknya tidak cepat puas  dengan pencapaian yang diperoleh, melainkan terus berinovasi agar mampu  meningkatkan kualitas produk, dan layanannya sehingga perusahaan dapat tetap bertahan mengingat  persaingan dalam bidang telekomunikasi semakin ketat, juga dikarenakan semakin meningkatnya selera konsumen sebagai dampak dari perkembangan zaman yang semakin modern.

.

Kata kunci : kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan

Author Biographies

Fanly W Manus, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Bode Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-08-03