PENGARUH POTONGAN HARGA, CITRA MEREK, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET TANJUNG BATU
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8715Abstract
Abstrak: Persaingan dalam bisnis saat ini semakin ketat, setiap perusahaan senantiasa berupaya untuk mendapatkan pangsa pasar yang selalu bertumbuh. Perusahaan yang dulunya masih melaksanakan kegiatan jual beli tradisonal mulai berubah menjadi jual beli yang lebih praktis, cepat dan ekonomis. Pertumbuhan usaha ritel atau eceran di Indonesia sangat pesat. Seiring dengan pesatnya perkembangan usaha ritel ini, maka persaingan di bidang pemasaran ritel atau eceran pun semakin meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Servicescape terhadap Keputusan Pembelian konsumen baik simultan maupun parsial. Jenis penelitian yang digunakan asosiatif. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin, sebanyak 100 sampel. Alat analisis menggunakan uji regresi berganda dan uji hipotesis F dan t. Hasil penelitian menunjukan baik secara simultan maupun parsial potongan harga, citra merek, dan servicescape berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaiknya Indomaret meningkatkan kegiatan promosi melalui program potongan harga, dan servicescape sehingga pencitraan Indomaret akan meningkat dan mendorong keputusan pembelian konsumen.
Â
Kata kunci: potongan harga, pencitraan, servicescape, keputusan pembelian