PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, DAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP KINERJA POLISI PADA POLDA SULUT MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9772Abstract
Sumber daya manusia yang dimiliki oleh instansi terdiri dari kumpulan individu yang berbeda-beda baik sifat, karakter, keahlian, pendidikan, latar belakang pengalaman dalam setiap individu. Seorang  pemimpin  harus  menerapkan  gaya  kepemimpinan  untuk  mengelola bawahannya, karena seorang pemimpin akan sangat mempengaruhi  keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi, dan pembagian kerja baik secara simultan maupun secara persial terhadap kinerja polisi. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang dari 57 populasi pada tahun 2015 dengan menggunakan metode sampling jenuh. Teknik analisis mengunakan analisi regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan, komunikasi, dan pembagian kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja polisi, namun secara persial pembagian kerja tidak signifikan. Pimpinan Direktorat Lalu Lintas Bagian Patroli Jalan Raya Polda Sulut Manado harus lebih meningkatkan gaya kepemimpinan dan komunikasi antar anggota sehingga tugas yang dibagikan dapat terselesaikan dengan baik.
Kata kunci : gaya kepemimpinan, komunikasi, pembagian kerja, kinerja