https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/issue/feed Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2024-06-14T19:54:15+08:00 Joy Elly Tulung joy.tulung@unsrat.ac.id Open Journal Systems Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara <em>double blind peer review system.</em> JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/56128 PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA BISNIS KULINER RESTORAN HAPA KITCHEN DI MANADO 2024-06-14T19:36:05+08:00 Anggreina Rambi anggreinarambi062@student.ac.id Hendra N. Tawas hendranovitawas1971@gmail.com Jessy J. Pondaag jessypondaag1978@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi apa yang digunakan Hapa Kitchen di Manado dalam akun media sosial Instagram dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang membuat akun Instagram Hapa Kitchen di Manado aktif sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data menggunakan teknik wawancara observasi dengan informan manajer, waiter/karyawan, dan konsumen pada Hapa Kitchen Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan Hapa Kitchen Manado menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosi yaitu gambar yang di hasilkan Instagram jelas dan dapat memuat vidio, sosial media merupakan media yang mudah untuk promosi, cocok untuk promosi di bidang kuliner, penguna terbesar Instagram adalah anak muda sesuai dengan target pasar Hapa Kitchen, mudah untuk mencari lokasi, dan Penyebarannya cepat, hanya menggunakan <em>hastag</em><em>. </em>Strategi promosi yang digunakan oleh Hapa Kitchen Manado pada akun instagram yaitu iklan makanan sehat dan berbagai macam <em>desert</em> yang tersedia, serta tempat menarik instagramabel, yang merupakan hasil <em>review</em> dari <em>tiktoker/influencer</em> Manado serta diskon atau potongan harga.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Promosi, Media Sosial</p> 2024-06-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/56129 PENGARUH STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN PADA COFFE SHOP PULANG MANADO 2024-06-14T19:54:15+08:00 Leoni Virginia Roel leoniroel062@student.unsrat.ac.id Hendra N. Tawas hendranovitawas1971@gmail.com Sjendry S.R. Loindong loindong18s@unsrat.ac.id <p>Segmenting, targeting, dan positioning merupakan salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan atau strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target konsumen. dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh segmenting, targeting, dan positioning terhadap kinerja penjualan pada <em>Cofee Shop</em> Pulang Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen <em>Coffee Shop</em> Pulang Manado dalam membeli produk minuman kopi. Besarnya sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa segmenting berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan, targeting berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan, dan positioning berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan. Segmenting, targeting, dan positioning berpengaruh terhadap kinerja penjualan pada <em>Cofee Shop</em> Pulang Manado.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Segmenting, Targeting, Positioning, Kinerja Penjualan</p> 2024-06-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55947 ANALISIS PENGELOLAAN PIUTANG PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MINAHASA SELATAN 2024-06-04T09:56:08+08:00 Marlin Timporok xmaritya@gmail.com Anneke Wangkar annekewangkar@unsrat.ac.id Sintje Rondonuwu sinc.sin@unsrat.ac.id <p>Pajak sebagai sumber utama penerimaan negara sehingga tanpa adanya pajak tentunya sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Begitupun juga dengan daerah, seiring diberlakukannya otonomi daerah, maka daerah juga memiliki hak, wewenang dan kewajiban untuk mengelola perpajakannya. Setiap daerah akan terus menerus meningkatkan pembangunan di daerahnya dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan pada masyarakat, untuk menopang pembangunan tersebut daerah memungut pajak daerah sebagai sumber utama pendapatannya. Salah satu jenis pajak yang dapat dipungut oleh daerah adalah Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan piutang pajak bumi dan bangunan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data, menyajikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan piutang pajak bumi dan bangunan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa Selatan yaitu dengan melakukan pembaruan data dan penelusuran kepada Wajib Pajak serta melakukan upaya penagihan.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci:</strong><sup> </sup>Piutang, PBB-P2</p> 2024-06-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55575 Analisa Hubungan Kepemimpinan, Kondisi Kerja, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja PT. Sinar Galesong Prima Bitung 2024-05-16T15:19:49+08:00 lienjely sinaulan 18061102111@student.unsrat.ac.id Olivia S. Nelwan olivia.nelwan@gmail.com Merinda H.Ch. Pandowo merindapandowo@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, metode penelitian dilakukan untuk menggambarkan proses atau peristiwa yang sedang berlaku pada saat dilapangan yang dijadikan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja di PT. Sinar Galesong Prima Bitung, mengetahui Hubungan Kondisi Kerja dan Kepuasan Kerja di PT. Sinar Galesong Prima Bitung, mengetahui Hubungan Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja PT. Sinar Galesong Prima Bitung. Subjek penelitian yaitu 20 karyawan PT. Sinar Galesong Prima Bitung. Hasil dari penelitian ini menujukan adanya hubungan kepemimpinan tdan kepuasan kerja karyawan, kondisi kerja dan kepuasan kerja karyawan, dan budaya organisasi dan kepuasan kerja karyawan, hasil ini didukung dengan proses kajian literatul dari artikel dan jurnal peneliti terdahulu</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kepemimpinan, kondisi kerja, budaya organisasi dan kepuasan kerja</p> 2024-05-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55572 ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TIPE SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI KECAMATAN PINELENG STUDI KASUS SEPEDA MOTOR BEAT, VARIO DAN SONIC 2024-05-16T15:21:49+08:00 Gianfranko Pangemanan gianpangemanan22@gmail.com Djurwati Soepeno watisoepeno@unsrat.ac.id Reity L. Samadi rsamadi@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sepeda motor Beat,Vario dan Sonic metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Procces (AHP) adalah sebuah pendekatan matematis yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam situasi yang melibatkan beberapa kriteria dan alternatif. Metode ini dikembangkan oleh Thomas L Saaty pada tahun 1980-an dan telah banyak digunakan dalam berbagai bidang termasuk manajemen, ekonomi, teknik dan ilmu socialBerdasarkan perhitungan global priority dan bagan struktur hirarki di atas, diperoleh Beat 0,36, Vario 0,39 dan Sonic 0,25. Dengan demikian dapat diambil keputusan bahwa preferensi konsumen sepeda motor di kecamatan Pineleng adalah Honda Vario. Jadi disarankan dan direkomendasikan kepada konsumen yaitu sepeda motor honda vario ketika melakukan pembelian sepeda motor Vario. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria kelengkapan didapat bahwa beat 0,35, vario 0,42 dan sonic 0,23. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria transivitas yaitu Vario 0,39, Beat 0,36 dan Sonic 0,25. Transivitas menempati rangking ketiga pada perbandingan kriteria yaitu 0,21. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria kesinambungan yaitu Beat 0,38, Vario 0,37 dan sonic 0,26. Kesinambungan menempati rangking kedua pada perbandingan berpasangan antar kriteria yaitu 0,27. Perbandingan berpasangan antar alternatif berdasarkan kriteria lebih banyak lebih baik yaitu Beat 0,36 Vario 0,38 dan Sonic 0,26. Lebih banyak lebih baik menempati rangking keempat pada perbandingan berpasangan antar kriteria yaitu 0,17.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Preferensi, Kelengkapan, Transivitas, Kesinambungan, Lebih banyak lebih baik</p> 2024-05-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55574 ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PT. ORIFLAME CABANG MANADO 2024-05-16T15:15:58+08:00 Edwinchs Sembel 17061102141@student.unsrat.ac.id Rita N. Taroreh rita.taroreh@unsrat.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditargetkan sangat ditentukan oleh keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan Volume penjualan pada PT. Oriflame Cabang Manado berdasarkan Analisis Strategi Marketing Mix. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif data yaitu dengan menguraikan gambaran Marketing Mix dalam peningkatan volume penjualan pada produk Oriflame. Hasil penelitian menunjukkan, jaringan Imaginer telah berupaya dalam melakukan strategi Marketing Mix dan setiap variabelnya yaitu produk, harga, lokasi dan promosi dengan baik. Dari berbagai kegiatan tersebut mampu memasarkan produk Oriflame sampai sekarang saat ini. Walaupun terjadi karena pesaing dan keadaan pasar yang berubah. Dalam hal produk seperti penciptaan inovasi dan kreatifitas terhadap desain produk maupun kualitas produk dengan menghubungkan strategi promosi seperti memakai produk yang diproduksi oleh PT. Oriflame dan strategi penetapan harga yang tidak bisa diganggu oleh para member Oriflame Cabang Manado dengan solusi yang ditawarkan adalah member. Memberikan hadiah kepada konsumen yang membeli produk Oriflame dengan batas yang ditentukan oleh para member Oriflame Cabang Manado.</span></span></p> <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Kata Kunci:</strong> Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Oriflame Indonesia.</span></span></p> 2024-05-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55690 PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN INTEGRITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (LPP RRI) MANADO 2024-05-21T01:48:48+08:00 Miracle Jeremy Tairas ekeltairas001@gmail.com Rita N. Taroreh rita.taroreh@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh motivasi dan kemampuan kerja yang dimoderasi oleh Integritas terhadap kinerja pegawai. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif menggunakan metode analisis kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 65 dan Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi dan Kemampuan Kerja yang dimoderasi oleh Integritas maupun tidak, secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai. Motivasi yang dimoderasi oleh Integritas maupun tidak dimoderasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai, dan ditemukan Kemampuan Kerja yang dimoderasi ataupun tidak oleh Integritas berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai kantor LPP RRI Manado. LPP RRI stasiun Manado merupakan media pemerintah dikenal sebagai sumber informasi, sebagai pendidikan dan sebagai sumber hiburan, yang harus lebih mengembangkan Motivasi pegawainya, dan lebih memaksimalkan kemampuan kerja pegawai agar bisa menghasilan Kinerja Pegawai yang baik bagi kantor dan akan merasa lebih puas dengan hasil Kinerja Pegawai jangka panjang..</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: motivasi,kemampuan kerja,kinerja pegawai,integritas</p> 2024-05-22T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55554 Pengaruh Komunikasi, Profesionalisme dan Komitmen Organisasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa 2024-05-16T07:42:29+08:00 Kesya Vanesa Bolung kesyabolung@gmail.com Agus S. Soegoto supandi@unsrat.ac.id Yantje ` Uhing yantjeuhing@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, profesionalisme, dan komitmen organisasi terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa baik secara simultan maupun secara parsial. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi dan sampel berjumlah 46 pegawai pada Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa. Dalam penelitian ini data yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda, dengan alat uji analisis yang dipakai IBM SPSS Version 26. Hasil analisa menunjukan bahwa secara simultan komunikasi, profesionalisme dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap semangat kerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa. Secara parsial komunikasi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai, secara parsial profesionalisme berpengaruh tidak signifikan terhadap semangat kerja pegawai, dan secara parsial komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja pegawai.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>komunikasi, profesionalisme, komitmen organisasi dan semangat kerja</p> 2024-05-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/54109 PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COTO MAKASSAR KUALA POPO KRIDA DI MANADO 2024-01-26T02:47:36+08:00 Winda Ariyanti tianagus70000000@gmail.com Imelda W. J. Ogi ogi_imelda@unsrat.ac.id Mirah H. Rogi mirahrogi@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas produk, harga, promosi terhadap keputusan pembelian Coto Makassar Kuala Popo Krida di Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, menggunakan data primer. Pelaksanaan penelitian pada bulan September 2023 hingga Oktober. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen di Warung Coto Makassar Kuala Popo yang berkisar 70 responden perhari. Pengambilan sampel dengan metode <em>sampling insidental. </em>Ukuran sampel ditentukan dengan Rumus Slovin sejumlah 100 konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan; (1) kuesioner, (2) wawancara, dan (3) observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk dan harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Simpulan penelitian adalah Penting bagi pihak Coto Makassar Kuala Popo agar memperhatikan Promosi yang menjadi determinan Keputusan Pembelian.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Faktor Kualitas Produksi, Kualitas Harga, Promosi, Keputusan Pembelian.</p> 2024-05-20T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55543 ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. PADA PERIODE 2019-2022 2024-05-15T14:08:55+08:00 Maria Chelsea Tumuju kumaunangmaria@gmail.com Arrazi B. H. Jan arrazihasanjan@yahoo.com Victoria N. Untu victorianeisyuntu@yahoo.com <p>PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. adalah salah satu bank terbesar di Indonesia. Tahun demi tahun, BRI terus memberikan bantuan kepada masyarakat di seluruh Indonesia, baik di kota maupun di pedesaan. Mereka dapat meminjam dan menyimpan uang dengan kemampuan perbankan mereka, terutama untuk usaha kecil dan menengah (UMKM) Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Pada Periode 2019-2022. Metode analisis data yang digunakan dalam perhitungan ini adalah berdasarkan metode RGEC. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penilaian Kesehatan PT. Bank Rakyat Indnoesia (persero) pada periode 2019-2022 yang diukur dengan RGEC secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa BRI merupakan bank yang sehat. Pernyataan ini ditopang oleh hasil NPL mendapat peringkat “Sehat”, LDR mendapat peringkat “Cukup Sehat”, GCG mendapat peringkat “Baik”, ROA mendapat peringkat “Sangat Sehat”, dan “CAR” mendapat peringkat “Sangat Sehat”.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Tingkat Kesehatan Bank, Metode RGEC</p> 2024-05-19T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55591 THE INFLUENCE OF CUSTOMER PERCEPTION AND PERCEIVED VALUE TOWARDS THE PURCHASE INTENTION: ANALYSIS ON CANNED FISH PRODUCTS 2024-05-17T13:35:47+08:00 Keryn Kezia Valens Imanuela Nelwan kerynn14@gmail.com James D. D. Massie Jamesmassie@unsrat.ac.id Regina T. Saerang regina_saerang@yahoo.com <p>Business in the food sector, especially canned fish products are the choice of most people interest. The intense competition between canned fish products and regular fish products means that the company must develop a strategy that can attract and increase consumer buying interest. This research contains two independent variables. Namely Customer Perception (X1), Profit Value (X2) and consumer Purchase Intention (Y) as the dependent variable. This research uses a quantitative method by distributing questionnaires to 100 respondents as research samples and also to process data. The results of this research shoe that costumer perception and perceived value have a positive effect on consumer purchase intentions.</p> <p> </p> <p><strong>Keyword: </strong>Consumer Perception, Perceived Value, Purchase Intention</p> 2024-05-19T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55328 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HERBALIFE PADA NC RGTICS CERIA MANADO DIMASA PANDEMI COVID – 19 2024-05-03T15:54:40+08:00 Claudia Natalia Longdong 17061102136@student.unsrat.ac.id Frederik G. Worang frederikworang@unsrat.ac.id Sjendry S.R. Loindong loindong18s@unsrat.ac.id <p>Perkembangan bisnis dalam bidang produk nutrisi kesehatan saat ini semakin pesat, hal ini ditandai oleh kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan mulai meningkat yang didukung oleh program pemerintah yaitu gerakan masyarakat hidup sehat. Banyak nutrisi kesehatan, salah satunya adalah Herbalife. Herbalife merupakan perusahaan nutrisi global yang menjual produk-produk pengelolaan berat badan, nutrisi dan perawatan yang ditujukan untuk mendukung gaya hidup sehat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian herbalife di Nc Rgtic ceria manado dimasa pandemi COVID – 19. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 51 responden. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menujukan variabel kualitas produk, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Nutrition Shake Herbalife di Empat Rumah Nutrisi kota Manado. 1. Variabel Kualitas Produk dan Harga secara bersama- sama berpengaruh positif dan signifikan pada Keputusan Pembelian Herbalife Pada Nc Rgtics Ceria Manado. 2. Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan Pada Keputusan Pembelian Terhadap . Herbalife Pada Nc Rgtics Ceria Manado. 3. Variabel Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan pada Keputusan Pembelian Terhadap Herbalife Pada Nc Rgtics Ceria Manado.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.</p> 2024-05-17T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55528 ANALISA TREN TIPE BISNIS STARTUP DIGITAL 2024 2024-05-14T18:35:06+08:00 Maikel Giovani Kawengian maikel.kawengian@gmail.com <p>Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini,karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan bisnis startup digital yang makin berkembang pesat di Indonesia dan juga di dunia. Sayangnya, bisnis startup seringkali lahir dalam sebuah ketidakpastian. Mulai dari model bisnisnya, target pasarnya, bahkan hingga ide produknya. Banyak orang hanya ikut-ikutan membangun bisnis startup tanpa memahami dasar-dasar yang harus dilakukan. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah dengan memperhatikan tren bisnis startup digital yang berkembang di awal tahun 2024 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tren bisnis startup digital untuk bisa mengetahui perkembangan bisnis digital di awal tahun ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk tujuan deskriptif. Lingkup penelitian ini adalah 25 bisnis-bisnis startup digital yang dimulai pada bulan Februari tahun 2024. Tren bisnis startup digital pada bulan Februari 2024 didominasi oleh bisnis startup digital di bidang aplikasi layanan pendukung bisnis, terutama di aspek pemasaran dalam bisnis. Pandemi virus Corona juga menyebabkan munculnya bisnis-bisnis startup digital di bidang Kesehatan. Diperlukan penelitian lanjutan untuk melihat lebih jauh pertumbuhan dari bisnis startup digital di kategori ini. Untuk pebisnis yang ingin memulai usaha startup digital bisa mempertimbangkan untuk mencoba pada aplikasi B2B yang mendukung kinerja bisnis lain.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Bisnis Startup Digital</p> 2024-04-13T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55109 THE ROLE OF E-MONEY ON FOOD MSME IN MANADO CITY 2024-04-23T23:46:31+08:00 Andrea Bella Tesalonika Supit andreabtesalonika@gmail.com S. L. H. V. Joyce Lapian lapianjoyce@unsrat.ac.id Regina Trifena Saerang rtsaerang@gmail.com <p>Electronic money or E-money is an electronic store of monetary value on a technical device that may be widely used for making payments to entities other than the e-money issuer. Electronic money was introduced to Indonesia in 2009 and had a lot of significant effects on the country’s economy, especially on the micro, small, and medium enterprises (MSME). The goal of this study is to analyze the role that have been brought by electronic money. The research study’s sample consists of 15 informants of food MSME owner. This study uses a descriptive-qualitative approach in order to give us a detailed explanation of this phenomenon using field data. This research might be excellent references for those interested in the same topic, as well as a body of knowledge and practical implications.</p> <p> </p> <p>Keywords: E-money, MSME</p> 2024-05-14T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55235 PENGARUH RISIKO GEOPOLITIK, KEPEMILIKAN KAS, SOLVABILITAS, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA PERUSAHAAN INDUSTRI PERTAMBANGAN DI INDONESIA 2024-04-26T22:27:05+08:00 Samueli Zega zegasamueli64@gmail.com Ivonne Stanley Saerang ivonesaerang@yahoo.co.id Lawren Julio Rumokoy juliorumokoy@unsrat.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Risiko Geopoltik, Kepemilikan Kas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Keputusan Investasi (Capital Expenditure) pada Perusahaan Industri Pertambangan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian analisis regresi data panel. Data yang digunakan adalah data sekunder yang sudah tersedia. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian tersebut sebanyak 55 perusahaan pertambangan dengan sampel sebanyak 15 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Risiko Geopolitik berpengaruh positif terhadap Keputusan Investasi (Capital Expenditure) pada Perusahaan Industri Pertambangan di Indonesia, secara parsial Kepemilikan Kas, Solvabilitas dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Keputusan Investasi (Capital Expenditure) pada Perusahaan Industri Pertambangan di Indonesia, dan secara simultan Risiko Geopolitik, Kepemilikan Kas, Solvabilitas dan Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Investasi (Capital Expenditure) pada Perusahaan Industri Pertambangan di Indonesia dibuktikan dengan hasil Uji F, Prob &gt; F = 0.1860 atau lebih dari 0.05.</p> <p> </p> <p>Kata Kunci: Risiko Geopolitik, Kepemilikan Kas, Solvabilitas, Profitabilitas dan Capital Expenditure</p> 2024-05-06T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55132 PENGARUH GENDER KARIR, KETERLIBATAN KERJA, DAN PEMBERDAYAAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MANADO 2024-04-19T19:17:53+08:00 Malond yeremia Nainggolan nainggolanmalond03@gmail.com Bode Lumanauw bodelumanauw@yahoo.com Christoffel Mintardjo christtofelmintardjo@unsrat.ac.id <p>Kepuasan kerja merupakan suatu hasil yang dapat diukur dengan efektifitas dan efisiensi suatu pekerjaan yang dilakukan oleh sumber daya manusia atau sumber daya lainnya dalam pencapaian tujuan atau sasaran organisasi dengan baik dan berdaya guna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara simultan dan parsial pengaruh gender karir, keterlibatan kerja dan pemberdayaan pegawai terhadap kepuasan kerja tenaga harian lepas pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang di bagikan kepada karyawan tenaga harian lepas. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis, yaitu uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gender karir, keterlibatan kerja, pemberdayaan pegawai secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Secara parsial gender karir berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja sedangkan keterlibatan kerja dan pemberdayaan pegawai tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja kerja. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pimpinan agar selalu mengevaluasi dan memperhatikan gender karir, keterlibatan kerja, dan pemberdayaan pegawai untuk dapat meningkatkan kepuasa kerja karyawan.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>gender karir</em><em>, </em><em>keterlibatan kerja</em><em>, </em><em>pemberdayaan pegawai</em><em>, </em><em>kepuasan kerja</em></p> 2024-04-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55143 PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI SULAWESI UTARA) 2024-04-23T10:07:26+08:00 Joshua J.A. Pangow joshuapangow062@student.unsrat.ac.id Willem J.F.A Tumbuan wjf_alfa@gmail.com Reitty L. Samadi rsamadi@unsrat.ac.id <p>Mobile Legends adalah game yang berbasis di platform Android dan IOS yang merupakan game interaktif dengan membuat akun player yang dapat memainkan karakter (hero) yang bertujuan untuk mencapai kemenangan apabila bisa menghancurkan base musuh dan mempertahankan main base dari serangan musuh. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aplikasi game online Mobile Legends di Sulawesi Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kulitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 responden pengguna aplikasi game online Mobile Legends dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sample. Jenis penelitian ini adalah uji kausal dimana untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara suatu bahkan lebih variabel terikat. Metode penelitian menggunakan analisis regresi liniear berganda dengan bantuan pengelolahan data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi game online Mobile Legends di Sulawesi Utara.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci: k</strong>ualitas produk, citra Merek,&nbsp; kepuasan konsumen</p> 2023-04-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/55110 PENGARUH STRESS KERJA, BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. CLANTHY MITRA GAS BITUNG 2024-04-17T11:43:45+08:00 Andriy Karundeng 18061102187@student.unsrat.ac.id S. L. H. V. Joyce Lapian lapianjoyce@gmail.com Yantje Uhing yantjeuhing@unsrat.ac.id <p><strong>Abstrak: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak stres dalam efektivitas kerja, tingkat beban kerja yang dialami oleh karyawan, serta faktor-faktor lingkungan kerja terhadap hasil efektivitas kerja mereka. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif, melibatkan partisipasi 42 karyawan PT. Clanthy Mitra Gas Bitung. Penentuan sampel dilakukan melalui pendekatan teknik non-probabilitas dengan penggunaan kategori sampling jenuh. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian kuesioner, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan perangkat lunak SPSS digunakan sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian ini mencerminkan temuan berikut: (1) Stres kerja dan beban kerja tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan, sementara lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan di PT. Clanthy Mitra Gas Bitung, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara stres kerja dan efektivitas kerja karyawan, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja dan efektivitas kerja karyawan, (4) Faktor lingkungan kerja juga memengaruhi efektivitas kerja karyawan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga, kontribusi berpikir, dan solusi alternatif bagi perusahaan atau organisasi dalam menangani isu-isu stres kerja, beban kerja, dan kondisi lingkungan kerja yang berpotensi untuk meningkatkan efektivitas kerja karyawan, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Stres Kerja, Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Efektivitas Kerja.</em></p> 2024-04-21T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/54832 FINANCIAL MANAGEMENT OVERVIEW ON MSME (MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISE) IN MANADO 2024-03-18T11:02:41+08:00 Pingkan Gabriela Mumu pingkanmumu@gmail.com James D. D. Massie Jamesmassie@unsrat.ac.id Ferdinand J. Tumewu tumewufj@unsrat.ac.id <p>This qualitative research delves into the financial management practices within Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Manado, Indonesia. Utilizing a qualitative approach, the study explores descriptive data gathered from interviews, observations, and secondary sources. The primary data emanates from interviews with ten MSME entrepreneurs across various sectors, while secondary data encompasses documentation and literature review. The research involves both qualitative and quantitative data types, emphasizing the qualitative nature of words, images, and non-numeric expressions. Data collection methods include observation, interviews, and literature review, crucial in comprehending the landscape of financial management in MSMEs. The data undergoes qualitative descriptive analysis, involving reduction, display, and conclusion drawing, to elucidate patterns and behavioral aspects of financial management practices. Conducted in Manado over a two-month period, this study aims to shed light on the financial management nuances within MSMEs, underscoring the significance of better financial planning, control, and reporting for their sustenance and growth.</p> <p><strong><em> </em></strong></p> <p><strong>Keywords: </strong>MSMEs, Financial Management</p> 2024-04-17T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi