PENGAMATAN BEHAVIOR SYSTEM Di KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) KAWASAN MEGAMAS MANADO

Authors

  • . Bakhtiar

DOI:

https://doi.org/10.35793/fraktal.v2i2.20159

Abstract

Pengamatan ini terletak di Kentucky Fried Chicken (KFC) kawasan Megamas Manado tepatnya di kompleks jalan Piere Tandean. Bangunan KFC memiliki 3 pintu masuk utama (pintu A, B dan C) dan D sebagai pintu tambahan. Pengamatan ini menggunakan metode Behavior mapping/System (Person Centered Maps, Place Centered Maps dan Physical Trace). Hasil Analisis indikasi-indikasi dari pengunjung (pejalan kaki atau menggunakan Kendaraa roda dua atau empat) baik yang terjadi di dalam bangunan KFC maupun dari Luar ke dalam bangunan mendapatkan dua atribut pembahasan Operasioanl, yaitu Aksesibilitas (accessebility) dan Orientasi (orientation). Desain Guide Line Mengarah terbentuk dari kedua atribut. Pertama, Pada atribut Aksesibilitas, pengunjung membutuhkan jarak terdekat menuju ke dalam KFC, Pengunjung drive thru membutuhkan posisi antrian yang lebih terarah. Indikasi lain yang berhubungan dengan orientasi yaitu pengunjung cenderung mengambil posisi antrian terpendek. Kedua, Atribut orientasi ini memiliki makna Tanda-policy yang memiliki makna meaning mengarahkan, sekaligus memberikan petunjuk secara informatif.

Kata Kunci: Pemetaan, Perilaku, akses, Orientasi 

Downloads

Published

2018-07-16