Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Jalur Pedestrian Kawasan Boulevard on Business (BoB) di Kota Manado

Authors

  • Shania Wuwung Universitas Sam Ratulangi
  • Amanda Sembel Universitas Sam Ratulangi
  • Hendriek Karongkong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/fraktal.v9i2.59129

Abstract


Jalur pedestrian pada Kawasan BoB Manado yang sebelumnya masih memiliki banyak kekurangan telah dilakukan
pembangunan oleh Pemerintah Kota Manado menjadi lebih lebar secara dimensi dan sudah dilengkapi dengan
beberapa fasilitas baru untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengguna jalur pedestrian. Tujuan utama
evaluasi ini untuk menganalisis bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan tersebut dengan
variabel penelitian menggunakan lima dimensi kualitas jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati)
yang sebelumnya dilakukan identifikasi kondisi eksisting dan identifikasi karakteristik masyarakat jalur pedestrian pada
Kawasan BoB Manado. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 271.013 orang yang diperoleh dari jumlah populasi
rentang usia 15-59 tahun (BPS Kota Manado tahun 2022). Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Metode analisis
yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI).


Kata-kunci: Dimensi Kualitas Jasa, Evaluasi, Kepuasan Masyarkat, Pedestrian, Pembangunan

 

Downloads

Published

2024-11-21