Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2022

Penulis

  • Fenty Febriani Yoldam Palayukan Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi
  • Herman Karamoy Akuntansi FEB Unsrat
  • Robert Lambey Akuntansi FEB Unsrat

DOI:

https://doi.org/10.32400/gc.v18i2.50514

Abstrak

Pertumbuhan laba adalah peningkatan maupun penurunan hasil perolehan laba perusahaan dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan laba tidak dapat dipastikan, namun dapat diprediksi menggunakan analisis rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif bersifat asosiatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 29 perusahaan dengan 145 jumlah data laporan keuangan dan sampel sebanyak  9 perusahaan dengan total 45 jumlah data laporan keuangan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Debt To Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba, sedangkan Current Ratio (CR) dan Total Asset Turnover (TATO) berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan pertambangan batubara yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022.

 

Kata Kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Total Asset Turnover (TATO), Net Profit Margin (NPM) dan Pertumbuhan Laba.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-18