Implementasi Program Cerdas Command Center Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Manado
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program cerdas command center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado. Pengembangan e-Government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. Di Indonesia Smart City sudah mulai diterapkan dibeberapa kota salah satunya kota Manado. Maksud dari pengembangan Manado Smart City menurut Peraturan Walikota Manado Nomor 10 Tahun 2018, sebagai dasar pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warga serta mendukung pembangunan berkelanjutan dengan tujuan untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian dan kenyamanan lingkungan. Dalam penerapan e-Government melalui program Cerdas Command Center untuk menuju Smart City terdapat berbagai layanan e-Government untuk masyarakat dapat mengakses atau menggunakan layanan hanya dengan telephone genggam dimana pun dan kapan pun. Jadi masyarakat tidak perlu lagi untuk datang ke kantor atau dinas-dinas serta instansi terkait untuk menyampaikan laporan, aspirasi, pengaduan dan mengetahui segala informasi terkait dengan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Melalui proses penelitian ini baik wawancara maupun studi dokumen, peneliti menilai Implementasi Program Cerdas Command Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado tidak berjalan dengan baik, hal tersebut berdasarkan aspek organisasi, aspek interpretasi dan aspek aplikasi (penerapan).
Kata Kunci : Implementasi, Cerdas Command Center, E-Government