Hubungan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja

Authors

  • Novel Yunus Runtuwarow
  • Paul A.T. Kawatu
  • Sri Seprianto Maddusa

DOI:

https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.2.2020.28664

Keywords:

APD, Kecelakaan Kerja, Minahasa Selatan

Abstract

Latar belakang: Perusahan PT. Tropica Cocoprima bagian Open Area merupakan bagian yang paling berpotensi terjadinya kecelakaan kerja. Jenis kecelakaan yang sering terjadi adalah teriris benda tajam  dan terjatuh karena lantai licin. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan karena tindakan tidak aman dari pekerja, yaitu kurang patuh dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)  pada saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan penggunaan APD dengan kejadian kecelakaan kerja di PT. Tropica Cocoprima Desa Lelema Kabupaten Minahasa Selatan. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional yang bersifat cross sectional, yang dilaksanakan pada bulan November 2019 – Februari 2020. Populasinya ialah seluruh pekerja di bagian open area sebanyak 99 orang, instrument yang digunakan yaitu kuesioner penelitian. Analisis yang digunakan yaitu uji statistik menggunakan Chi Square. Hasil Penelitian: Hasil pengukuran APD sarung tangan yang tidak patuh sebanyak 50 responden (50,5%) dan yang patuh sebanyak 49 responden (49,5%), pengukuran APD sepatu keselamatan yang tidak patuh sebanyak 54 responden (54,5%) dan yang patuh sebanyak 45 responden (45,5%), pengukuran kejadian kecelakaan kerja  yang pernah mengalami kecelakaan sebanyak 60 responden (60,6%) dan yang tidak pernah sebanyak 39 responden (39,4%). Uji statistik menunjukan terdapat hubungan antara kepatuhan penggunaan APD sarung tangan dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000) dan kepatuhan penggunaan sepatu keselamatan dengan kejadian kecelakaan kerja (p = 0,000). Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada  hubungan antara kepatuhan penggunaan APD  dengan kejadian kecelakaan kerja di PT. Tropica Cocoprima Desa Lelema Kabupaten Minahasa Selatan.

References

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Indonesia. 2017. Jumlah Kasus Kecelakaan Per Tahun Di Indonesia.

ILO. 2013. Snapshots On Occupational Safety and Health (OHS), The Ilo At The World

Congres On Safety And Health At Work.

Kawatu, P. 2011. Bahan Ajar Kesehatan dan Keselamatan Kerja. FKM Unsrat.

Mardison, D. M. 2017. Hubungan Kepatuhan Pekerja Menggunakan Alat Pelindung Diri dengan Kejaddian Kecelakaan Kerja di PT PLN Persero APP Cawang. Jurnal. STIKes Persada Husada Indonesia.

Ramli, S. 2010. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

OHSAS 18001. Dian Rakyat. Jakarta.

Soebroto, S.W. 2007. Peran Dan Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pembentukan SDM Ergonomi-K3 Yang Siap Bersaing Di Pasar Kerja Nasional Dan Internasional. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya Sucipto, C.B. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pustaka Baru. Yogyakarta.

Suak, M. 2019. Hubungan Antara Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Proyek Kontruksi Pembangunan Gedung Baru Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi. Jurnal KESMAS. FKM UNSRAT. Manado.

Sucipto, C.B. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Pustaka Baru. Yogyakarta.

Tarwaka, 2008. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Harapan Press. Surakarta.

Tarwaka, 2014. Ergonomi Industri: Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Harapan Press. Surakarta.

Downloads

Published

2020-05-27

Issue

Section

Articles