Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan

Authors

  • Injilin Sarah Eudia Meruntu
  • Ribka Elisabeth Wowor
  • Adisti Aldegonda Rumayar

DOI:

https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.2.2020.28665

Keywords:

Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit

Abstract

Latar Belakang: Mutu jasa pelayanan kesehatan merupakan derajat kesempurnaan suatu pelayanan kesehatan sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan. Kepuasan pasien didefinisikan sebagai perasaan dari seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.  Metode Penelitian: Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan potong lintang. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado pada bulan Oktober 2019 - Januari 2020. Variabel dalam penelitian ini yaitu mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data secara bivariat menggunakan uji statistik Khi kuadrat. Hasil Penelitian: Hasil yang didapatkan yaitu pelayanan kesehatan yang terdiri dari lima dimensi yaitu kehandalan (nilai p = 0,040), daya tanggap (nilai p= 0,040), jaminan (nilai p= 0,000) dan bukti fisik (nilai p= 0,011). Hal ini menunjukkan adanya hubungan antar variabel. Selanjutnya, untuk empati tidak memiliki hubungan (nilai p=0,248). Kesimpulan: Kesimpulan dari peneltian ini yaitu terdapat hubungan antara dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan dan bukti fisik pada pasien rawat jalan di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.

References

Anonim, 2009.Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Presiden Republik Indonesia. Jakarta.

Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.

Manengkey, B. 2016. Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat inap RSU Gmim Pancaran Kasih Manado. Vol 4, no 2 (online) http://ejournalhealth.com/index.php/paradigma/article/view/22 Diakses 25 Oktober 2019.

Manganang, L. Tucunan, A dan Rumayar, A. 2016. Hubungan antara Kualitas Jasa Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Liun Kendage Tahuna.Vol 8, No 3. Jurnal Ikmas (online) (http://www.ejournalhealth.com/index.php/ikmas/article/view/80 diakses 11 Desember 2019.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan :Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta. Salemba Medika.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Satrianegara, M. Fais. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta : Salemba Medika.

Tulumang, J. Kandou, G. Tilaar, C. 2015 Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna) di RSU Prof. R. D. Kandou Malalayang – Manado. Vol 5, No. 5. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7861 Diakses 11 Desember 2019.

Walukow, D. Rumayar, A. Kandou, G. 2019.

Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Vol 8, No.4. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/23974 Diakses 11 Desember 2019.

Wowor, J. Rumayar, A. Maramis, F. 2019. Hubungan Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Cantia Tompaso Baru. Vol 8, No. 6. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/25739/25388 Diakses 10 Desember.

Downloads

Published

2020-05-27

Issue

Section

Articles