Analisis Kadar Sulfur Dioksida (SO2) Udara di Kawasan Terminal Malalayang Kota Manado Tahun 2019

Authors

  • Gisela Margaretha Tampa
  • Sri Seprianto Maddusa
  • Odi Roni Pinontoan

DOI:

https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.3.2020.29116

Keywords:

Sulfur Dioksida, Pencemaran Udara, Terminal

Abstract

Latar belakang: Tingginya aktivitas kendaraan yang ada di kawasan terminal Malalayang Kota Manado dapat menimbulkan adanya pencemaran udara seperti SO2 yang dapat mempengarhi udara di lingkungan sekitar dan berdampak bagi kesehatan manusia. Metode: Metode yang digunakan observasional dengan pendekatan deskriptif dengan pengambilan sampel selama dua  hari dengan tiga titik sampel. Hasil: Kadar SO2 tertinggi terdapat di titik tiga pada hari kamis sebesar 28,28 µg/Nm3, sedangkan yang terendah terdapat pada titik satu pada hari sabtu sebesar 2,88 µg/Nm3. Kesimpulan: Hasil kadar SO2 yang ada di kawasan Terminal Malalayang Kota Manado masih jauh dibawah standar baku mutu berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999. Disarankan kepada pemerintah agar selalu menjaga dan memelihara kualitas udara di kawasan terminal dan bagi pemilik kendaraan agar dapat merawat mesin kendaraan dan melakukan uji emisi secara berkala.

References

Arista, G. Sunarsi, E. Mutahar, R. 2015. Analisis Resiko Kesehatan Paparan nitrogen Dioksida (NO2) dan Sulfur Dioksida (SO¬2) Pada Pedagang Kaki Lima di Terminal Ampera Palembang Tahun 2015. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 6 No 2.

Chandra, Budiman. 2007. Pengantar kesehatan lingkungan. Jakarta: Penerbit buku kedokteran EGC.

Elaeis, N, R. Tobing, K, R, L. Tetriana, I, A. Istirokhatun, T. 2013. Pengaruh Jumlah Kendaraan dan Faktor Meteorologis (Suhu, Kecepatan Angin) Terhadap Peningkatan Konsentrasi Gas Pencemar CO, NO2 dan SO2 Pada Persimpangan Jalan Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Karangrejo Raya, Sukun Raya, dan Ngesrep Timur V). Dipoipteks Vol. 1 No 1. 2013.

Istirokhatun, T. 2016. Konstribusi Parameter Meteorologi dan Kondisi Lalu Lintas Terhadap Konsentrasi Pencemar NO2 Di Kota Semarang. Jurnal Presipitasi: Vol. 13 No 2. 2016.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2013. Pedoman Teknis Penyusunan Inventarisasi Emisi Pencemaran Udara di Perkotaan.

Mukono. 2011. Aspek Kesehatan Pencemaran Udara. Surabaya. Pusat Penerbitan dan Percetakan Universitas Airlangga.

Pinontoan, O, R. Sumampouw, O,J. 2018. Dasar Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Putri, D, R. 2017. Gambaran Kualitas Udara Ambien (SO2, NO2, TSP) Terhadap Keluhan Subyektif Gangguan Pernapasan Pada Pedagang Tetap di Kawasan Terminal Bus Kampung Rambutan Jakarta Timur Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Peminatan Kesehatan Lingkungan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Rizka, F, E. Evi, N. Taufik, A. 2013. Analisis Kadar Sulfur Dioksida (SO2) di Udara Ambien Pada Industri Makanan Ringan yang Menggunakan Briket Batu Bara dan Keluhan Saluran Pernpasan Pada Masyarakat di Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang tahun 2013.

Sodhi. 2009. Kimia Lingkungan. Jakarta. EGC.

Wardhana, W, A. 2001. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta. Andi.

Yeni, M. 2015. Pengaruh Pencemaran Udara di Daerah Terminal Amplas Bagi Kehidupan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 21 No 79.

Yunita, R, D. Kiswandono, A, A. Kajian Indeks Standar Pencemarn (ISPU) Sulfur Dioksida (SO2) sebagai Polutan Udara Pada Tiga Lokasi di Kota Bandar Lampung. Analit: Analytical and Environmental Chemistry, Vol 2 No 1.

Downloads

Published

2020-08-04

Issue

Section

Articles