Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Bagi Penderita Hipertensi

Authors

  • Harris Adhi Oktaviantho Suparno
  • Oktavian A. Lantang
  • Arie S. M. Lumenta

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.12824

Abstract

Hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia. Ketidakpahaman penderita mengenai penyakit hipertensi merupakan suatu kendala dalam penyembuhan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat membantu manusia dalam mengambil keputusan, sehingga tidak merasa ragu-ragu dan informasinya akan lebih akurat. Pemecahan masalah adalah serupa dengan pengambilan keputusan ditambah dengan implementasi dari rekomendasi.

Dalam proses pengolahan data hingga memudahkan proses pengambilan keputusan, menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menentukan makanan yang tepat  berdasarkan kriteria-kriteria serta bobot yang sudah ditentukan. Data yang digunakan merupakan data yang diperoleh dari ahli gizi mengenai kandungan gizi yang berpengaruh dan makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi sesuai Angka Kecukupan Gizi.

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Menu Bagi Penderita Hipertensi dengan menggunakan metode SAW membantu bagi penderita hipertensi dalam menentukan menu makanan yang baik dengan memberikan rekomendasi  makanan yang baik bagi penderita berupa ranking makanan berdasarkan bobot yang diperoleh.

Downloads

Published

2016-07-25