Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Makhraj Huruf Al-Qur‟an Untuk Anak-anak

Authors

  • Gitadea Laksono
  • Steven Sentinuwo
  • M. Dwisnanto Putro

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.v9i1.14928

Abstract

Abstrak–“Dan Bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahanâ€. (Al-Muzzammil: 4). Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa dalam membaca Al-Qur’an itu harus mengikuti aturan yang diberikan (perlahan-lahan). . Aturan dalam membaca Al-Qur’an adalah tajwid. Dalam tajwid terdapat makhraj huruf, dimana makhraj huruf merupakan tempat keluarnya huruf hijaiyah saat dilafazkan. Dalam proses pembelajran sering terjadi seorang pengajar mengalami kesulitan untuk menyampaikan suatu materi kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah membangun atau membuat suatu aplikasi pembelajaran makhraj huruf Al-Qur’an yang dapat membantu dalam proses pembelajaran makhraj huruf. Metode yang digunakan dalam pembengunan aplikasi ini adalah RAD (Rapid Aplicaton Development).RAD yaitu suatu pendekatan berorientasi objek terhadap pengembangan sistem yang mencakup suatu metode pengembangan serta perangkat-perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran tentang makhraj huruf Al-Qur’an untuk anak-anak berbasis android. Aplikasi yang dihasilkan mempunyai materi makhraj huruf yang berisikan 29 huruf hijaiyah, aplikasi ini memiliki dua karakter didalamnya yaitu laki-laki dan perempuan. Aplikasi pembelajaran makhraj huruf ini juga memiliki firtur kuis, dimana kuis ini berisikan lima belas pertanyaan dan pertanyaan akan di acak.

Author Biographies

Gitadea Laksono

Steven Sentinuwo

M. Dwisnanto Putro

Downloads

Published

2016-12-21