Pengenalan Teks pada Objek-Objek Wisata di Sulawesi Utara dengan Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Rendy F. Raranta
  • alicia sinsuw
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17851

Abstract

 

 Sulawesi Utara merupakan daerah yang memiliki keindahan pariwisata dimana Sulawesi Utara dikelilingi berbagai macam wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya sehingga banyak turis local dan turis asing yang berkunjung untuk menikmati keindahan pariwisata di Sulawesi Utara. Terlebih lagi, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mengakibatkan semakin besarnya jumlah kedatangan turis asing baik turis maupun pebisnis asing, dengan demikian terbuka kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata di Indonesia lebih khusus Sulawesi Utara. Namun MEA memiliki suatu masalah dalam hal interaksi antara Bahasa dari turis/pebisnis asing dan Bahasa Indonesia, yang memungkinkan terjadinya diskomunikasi antara masyarakat lokal dan turis asing karena berbedanya Bahasa di tiap Negara.

Augmented Reality adalah teknologi dengan konsep menggabungkan secara realtime terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi berbasis teknologi augmented reality (AR) dengan menampilkan terjemahan Bahasa daerah di tempat wisata menjadi Bahasa Inggris dan Mandarin. Teknologi augmented reality dapat membantu visualisasi lebih detail dan lebih interaktif dengan menerapkan cara scan marker tulisan dimana keluarannya adalah Bahasa Inggris dan Mandarin.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis teknologi Augmented reality yang bisa menampilkan terjemahan Bahasa daerah di tempat wisata menjadi Bahasa Inggris dan Mandarin.

Kata Kunci : Augmented Reality, Pariwisata, Sulawesi Utara, Turis.

Downloads

Published

2017-10-26