Implementasi Teknologi Biometrical Identification untuk Login Hotspot

Authors

  • Andika D.L. Tumuli
  • Xaverius B. N. Najoan
  • alwin sambul

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17873

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi dewasa ini, perusahaan-perusahaan yang sebelumnya melakukan absensi kehadiran secara manual atau masih menggunakan absen tertulis mulai digantikan secara elektronik. Salah satu metode absensi yang paling ampuh dan banyak digunakan adalah absensi dengan menggunakan sidik jari. Hal ini karena identifikasi jenis ini terbukti aman, nyaman dan ekonomis.
Sidik jari tidak hanya dapat digunakan sebagai absensi yang terjamin keamanan dan kenyamanannya, sidik jari juga mulai dimanfaatkan sebagai alat login dalam suatu aplikasi. Penelitian dengan judul “Implementasi Teknologi Biometrical Idenfication untuk Login Hotspot†ini mengembangkan sebuah metode untuk memanfaatkan sidik jari sebagai sarana dalam mengotentifikasi seseorang ketika melakukan aktivitas browsing atau menggunakan internet dengan wifi di tempat-tempat umum.
Implementasi atau penerapan teknologi biometrical identification bisa menjadi solusi untuk menjamin setiap orang yang ingin mengakses internet dengan aman, proses otentifikasi password wifi dengan cepat dan aman. Sistem yang diajukan peneliti adalah user yang sudah terdaftar sidik jarinya, meletakkan jari pada alat pemindai sidik jari dan secara otomatis akan muncul kode untuk login hotspot. Dengan sistem seperti ini user tidak perlu menunggu admin atau seseorang yang mengetahui password login hotspot untuk menanyakan password login hotspot lagi dan juga setiap user memiliki password tersendiri.
Kata kunci — hotspot, sidik jari, biometric.

Downloads

Published

2017-10-26