Aplikasi Tata Cara Ibadah Berbasis Android

Authors

  • Evert S. Tangkudung
  • Meicsy E.I. Najoan
  • Dringhuzen J. Mamahit

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20193

Abstract

Abstrak – Gereja Masehi Injili di Minahasa adalah salah satu organisasi gereja di minahasa yang disingkat dengan GMIM. Dalam peribadatan GMIM Sendiri mempunyai Tata cara ibadah (Liturgy) yang digunakan. Pengertian dari liturgi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, leitourgia, yang berarti kerja bersama. Android merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan pada kebanyakan smartphone dewasa ini. Antarmuka pengguna pada Android didasarkan pada manipulasi langsung, menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata. Sampai sekarang, android memiliki berbagai macam versi yang memiliki berbagai fitur baru. Saat ini tata cara ibadah atau liturgy yang di pakai di GMIM masih dalam bentuk manual, sehingga mengakibatkan penyediaan jumlah kertas yang tidak sesuai dengan jumlah jemaat yang hadir. Selain itu dengan menggunakan media kertas ini sering terjadi pemborosan kertas dan banyak menghasilkan sampah di lingkungan gereja. Berdasarkan permasalahan ini peneliti tertarik untuk mengembangkan suatu penelitian dalam bentuk aplikasi android yang dapat membantu mempermudah jemaat mendapatkan informasi tentang tata cara ibadah serta informasi mengenai ibadah sepekan dalam bentuk aplikasi yang terpasang di Smartphone khususnya OS android. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemograman java yang mendukung aplikasi berbasis android. Data-data untuk aplikasi dibuat menggunakan database MySQL. Dari tahapan-tahapan dalam penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi tata cara ibadah berbasis android. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu,tata cara ibadah,jadwal ibadah,lirik lagu yang bertujuan memudahkan dalam penyajian informasi. Kata Kunci : Aplikasi Tata Cara, Application Development, Android, GMIM, Rapid, Sistem Informasi.
Abstract - The Evangelical Christian Church in Minahasa is one of the church organizations in Minahasa which is abbreviated as GMIM. In its own GMIM Worship has the Ordinance of worship (Liturgy) used. The sense of the liturgy is a term derived from Greek, leitourgia, meaning joint work. Android is an operating system used on most smartphones today. The user interface on Android is based on direct manipulation, using touch feedback similar to the action in the real world. Until now, android has various versions that have various new features. Currently the ordinance of worship or liturgy in use in GMIM is still in manual form, resulting in the provision of paper quantities that are not in accordance with the number of congregations present. In addition, using paper media is often a waste of paper and a lot of waste in the church environment. Based on this problem researchers interested in developing a research in the form of android
applications that can help facilitate the congregation to get information about the procedures of worship as well as information about worship a week in the form of applications installed in the Smartphone, especially android OS. The programming language used is a java programming language that supports android based applications. The data for the application is created using MySQL database. From the stages in this study produced an application of android-based worship procedures. The features contained in this application is, the ordinance of worship, the schedule of worship, the lyrics of the song that aims to facilitate the presentation of information. Keywords: Application Procedures, Application Development, Android, GMIM, Rapid, Information Systems.

Downloads

Published

2018-03-05