Decision Support System Department Selection Using The Simple Additive Weighting Method

Authors

  • Christian T. P. Sojow
  • Vecky C. Poekoel
  • Feisy D. Kambey

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.16.1.2021.29427

Abstract

Di zaman yang modern ini hubungan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan pemilihan jurusan berhubungan satu dengan yang lain. Pemilihan Jurusan merupakan suatu proses penempatan dalam pemilihan program studi siswa. Namun untuk pemilihan jurusan di SMA tidaklah semua calon siswa dapat memilih jurusan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi computer yang berbasis pengetahuan akan manajemen pengetahuan yang dipakai untuk mendukung keputusan. Pemilihan jurusan di SMA Katolik Karitas Tomohon ini dilakukan berdasarkan nilai-nilai ujian test dan psikotest serta nilai raport yang dimasukan tetapi tidak adanya sistem yang mendukung untuk melakukan pemilihan jurusan maka diperlukanlah sebuah sistem untuk mendukung dan memperkuat bahwa pemilihan jurusan bisa dibuktikan oleh aplikasi ini. Data didapatkan di sekolah melalui guru yang terlibat dalam pemilihan jurusan. Metode yang di gunakan didalam aplikasi ini adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan jurusan berdasarkan kriteria yang telah didapatkan dalam bentuk rangking. Aplikasi ini mempermudah sekolah untuk menentukan jurusan untuk mendukung keputusan yang diambil berdasarkan perangkingan yang didapat. Penerapan sistem ini berdampak dengan bisa terdukungnya pendukung keputusan yang dilakukan manusia sehingga bisa diotomatis dari manual hingga menjadi digital dan bisa diperlihatkan secara terperinci poin yang menjadi penilaian serta terjadi transparansi pemilihan jurusan yang dilakukan oleh user didukung dan dibuktikan oleh sistem.

References

Acetylena S. 2018. Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Malang

A Gani, Ruslan. 1986. Bimbingan Penurusan. Angkasa: Bandung

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andri Kristanto. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogkarta: Gava Media

Azhar Susanto. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.

Bratadinata, Anggie. 2013. Ebook Gratis untuk Belajar JavaScript. Masputih Coder for hire. [Online] 16 Januari 2013. [Dikutip: 26 Maret 2017.] http://masputih.com/2013/01/ebook-gratis-mengenal-javascript.

Deni, Widayanti, Sudana, Oka, dan Sasmita, Arya. 2013. Analysis and Implementation Fuzzy Multi-Attribute Decision Making SAW Method for Selection of High Achieving Students in Faculty Level. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, No 2, Vol. 10, Issue 1.

Dwiartara, Loka. 2010. Ebook PHP Free Download : Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP. Ilmu Website. [Online] 13 Juli 2010. [Dikutip: 32 Oktober 2017.] https://www.ilmuwebsite.com/ebook-php-free-download.

Eniyati, Sri. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW (Simple Addtive Weighting

Gaol, Jimmy Lbn, Chr. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi.Jakarta: PT. Grasindo. 2008

Hidayat, Luthfi Nur, 2014, Metode Topsis Untuk Membantu Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas, Teknik Informatika. Udinus Semarang.

Hidayat, Sholeh 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Serang: Remaja Rosdakarya Bandung.

Jogianto. Sistem Teknologi Informasi. Andi.Yogyakarta. 2008.

Kendall, Kennet E., Kendall, Jullie E. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi ke 5 (Versi Bahasa Indonesia). Jakarta.

Kusumadewi, Sri, Hartati, Sri, Harjoko, Agus, Wardoyo, Retantyo. 2006. Fuzzy Multi Attributte Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri dan Purnomo Hari. 2010, “Aplikasi Logika Fuzzyâ€, Cetakan Pertama, Graham Ilmu, Yogyakarta.

Kusrini. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. CV. Andi Offset.Yogyakarta. 2007.

Laudon, K, & J.P. Laudon. 2010. Management Information System: Managing the Digital Firm, 11th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Malatista, Benazer Rahmarani dan Eko Sediyono, "Model Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas IV SDLB Penyandang Tunarungu dan Wicara dengan Metode Komtal Berbantuan Komputer," Jurnal Informatika, Vol.7, No.1, September 2011.

Munawar. Pemodelan Visual dengan UML. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2005.

Nurmansyah, Husni M, Rahayu, Yuniarsi, 2013. Sistem Pendukung keputusan penjurusan SMA menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Teknik Informatika. Udinus Semarang.

Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan menggunakan metode Simpel Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Teknik Informatika Surabaya, Indonesia: Universitas Pembangunan Nasional “Veteranâ€.

Pratiwi, Diah., Lestari, Juliana Putri., R., Agushinta Dewi, 2014, Decision Support System to Majoring High School Student Using Simple Additive Weighting Method, International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT) – Volume 10 Number 3.

Prayoko., Mhb Riki. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol. V, No. 2.

Rosa A. S, M.Shalaludin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung : Modula, 2011.

Romney, Marshall B., dan Paul John Steinbart. 2015. Accounting Information System. 13th ed. England: Pearson Educational Limited.

Solichin, Achmad. 2010. BUKU GRATIS: MYSQL 5, DARI PEMULA HINGGA MAHIR. achmatim.net. [Online] 30 Januari 2010. [Dikutip: 22 Februari 2017.] http://achmatim.net/2010/01/30/buku-gratis-mysql-5-dari-pemula-hingga-mahir/.

Suparth, Grandika I.K.D, Dewi, I Gusti Ayu Putu Eka Purnama. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada SMK Kertha Wisata Dendapas menggunakan Fuzzy SAW, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Volume 3, Nomor 2.

Sutarman. 2009. Pengantar teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Turban, E. A., Aronson, J.E. dan Liang, T. P. 2011. Decision Support System and Intelligence System 7th Edition. Prentice Education International.

Utami, A. B. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web untuk Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode AHP Topsis, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Veronika K,2015. Study kasus tentang proses penjurusan beberapa SMA di Yogyakarta. Keguruan dan ilmu Pendidikan. Sanata Dharma, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-03-17