Rancang Bangun Aplikasi Digital Library Universitas Sam Ratulangi

Authors

  • Fredi Fidek Theo
  • Virginia Tulenan
  • Alwin M. Sambul

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.15.4.2020.31410

Abstract

Abstrak — Perpustakaan merupakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar atau mencari informasi / referensi yang harus dimiliki  oleh setiap perguruan tinggi. Karena mahasiswa dapat dengan mudah mencari informasi / referensi atau ilmu pengetahuan melalui perpustakaan. Dengan adanya perkembangan teknologi membuat manusia berfikir untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satunya yaitu membuat sistem konvensional menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dengan memanfaatkan aplikasi perpustakaan, mahasiswa dapat lebih efektif dan efisien dalam mencari informasi / referensi dan melakukan peminjaman buku.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Aplikasi Perpustakaan Digital (Digital Library) Universitas Sam Ratulangi. Aplikasi ini dibuat berbasis Website. Metode yang digunakan adalah SDLC (Software Development Life Cycle ) model waterfal yang terbagi dalam 5 tahap, yaitu: Analisa (Analysis), Desain (Design), Pengkodean (Code), Pengujian (Testing), dan Pemeliharaan (Maintenance). Adapun perangkat lunak untuk perancangan dan implementasi program menggunakan xampp sebagai webserver, phpMySqL sebagai database dan Sublime Text 3 sebagai editor penulisan file-file PHP dan HTML.

Dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa Aplikasi dapat digunakan bukan hanya sekedar sarana untuk mencari informasi / referensi dari buku atau konten lokal yang ada, tapi juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu mahasiswa dalam melakukan peminjaman dan pembacaan buku atau konten lokal yang bersifat Digital

                Kata Kunc i— Perpustakaan, Aplikasi, Website, Softwere Developmant Life Cycle

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-12