Educational Game Application the Introduction to Types of Healthy Food for Children

Authors

  • Alfredo Kristiano Kadoena Sam Ratulangi University
  • Sherwin R.U.A Sompie Sam Ratulangi University
  • Rizal Sengkey Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.v16i1.32372

Keywords:

Game, Edukasi, Anak, 2 Dimensi, MDLC, Jenis-jenis Makanan sehat,

Abstract

Anak merupakan sebuah penerus generasi bangsa yang akan menjadi pioneer pertumbuhan dan kreatifitas berkarya dalam kemajuan bangsa, maka anakpun harus memiliki pertumbuhan secara optimal. Agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka peranan makanan sehat sangatlah diperlukan, dengan terpenuhinya kebutuhan makanan yang sehat secara lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan air mineral untuk membantu dalam pencegahan terjadinya penghambatan dalam pertumbuhan anak. Seiring dengan berjalannya waktu dalam perkembangan dunia kesehatan anak, pemberian asupan makanan sudahlah tidak menjadi pertimbanga akan kesehatan anak. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah game edukasi dengan tampilan aplikasi menggunakan 2 dimensi (2D) yang bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya pengetahuan tentang jenis-jenis makanan sehat pada anak. Game ini dibangun menggunakan Multimedia Development Life Cycle yang mempunya enam tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Aplikasi yang dibuat memiliki sebuah permainan tebak-tebakan dan tiga bentuk object level permainan yang dimana masing-masing mempunyai berbagai jenis-jenis makanan. Dengan dibuatnya game edukasi ini dapat efektif dan menarik anak dalam mempelajari jenis-jenis makanan sehat.

References

S. Salsabilla, “Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Sikap Mengkonsumsi Makanan Sehat Siswa Smk,†vol. 2, pp. 1–6, 2015.

K. Riskesdas, “Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS),†J. Phys. A Math. Theor., vol. 44, no. 8, pp. 1–200, 2018, doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

I. Firmansyah, M. A. Akbar, and T. Afirianto, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Kinect,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 3817–3826, 2018.

I. D. Lestari, “Upaya Pembiasaan Mengkonsumsi Makanan Sehat Melalui Variasi Kudapan Sehat pada Anak Kelas Kecil di Playgroup Milas,†p. 136, 2012, [Online]. Available: http://eprints.uny.ac.id/34444/1/Inggit Dwi Lestari 07511241030.pdf diakses 2 November 2020.

L. Julio et al., “Animasi Interaktif 2 Dimensi Pedoman Gizi Seimbang,†vol. 14, no. 4, pp. 1–8, 2019.

R. Kaligis, V. Tulenan, and B. A. Sugiarso, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bolaang Mongondow (BBM),†J. Tek. Inform., vol. 13, no. 3, pp. 1–8, 2019, doi: 10.35793/jti.13.3.2018.28082.

Setyawan, “STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN,†2017.

N. 17 Undang-undang, “Peraturan Pemerintah Tentang Ketahanan Pangan,†Peratur. Pemerintah Tentang Ketahanan Pangan, 2015, [Online]. Available: http://www.bulog.co.id/dokumen/pp/PP_17_2015_KPG.pdf.

E. Adams, Fundementals of game design. 2010.

R. T. Singkoh, A. S. M. Lumenta, and V. Tulenan, “Perancangan Game Fps (First Person Shooter) Police Personal Training,†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 1, pp. 28–34, 2016, doi: 10.35793/jtek.5.1.2016.11490.

A. P. N. Erri Wahyu Puspitarini, Dian Wahyu Putra, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,†J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, pp. 46–58, 2016, doi: 10.37438/jimp.v1i1.7.

A. M. R. Youllia Indrawaty, Dewi Rosmala, “Aplikasi Pembelajaran Alat Musik Gitar Menggunakan Model Skenario Multimedia Interaktif Timeline Tree,†J. Inform., pp. 1–12, 2013.

Downloads

Published

2021-02-25