Kartu Interaktif Realitas Berimbuh sebagai Media Pembelajaran Sistem Sirkulasi Darah Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.35793/jti.v16i4.34209Abstract
Sistem sirkulasi merupakan salah satu materi terpenting yang harus dipelajari oleh siswa. Terbatasnya alat peraga dan buku yang hanya bisa diakses disekolah membuat siswa sulit memahami materi sistem sirkulasi. Karena keterbatasan tersebut, ketertarikan siswa untuk belajar mendominasi pemanfaatan alat elektronik sebagai bahan ajar. Penerapan teknologi augmented reality dalam pembelajaran sirkulasi menjadi salah satu solusi. Augmented reality berbasis android dimanfaatkan untuk membantu minat siswa belajar lebih efektif. Dengan adanya teknologi ini, penulis mengembangkan aplikasi pembelajaran sistem sirkulasi yang menampilkan animasi mekanisme peredaran darah manusia beserta penjelasannya. Dengan dibuatnya aplikasi ini, diharapkan dapat memudahkan proses pembelajaran dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari materi sirkulasi darah pada manusia.
Â
Kata kunci — Augmented Reality, Sistem Sirkulasi, Sistem Peredaran Darah, Technology Acceptance Model.