Storytelling pembelajaran rukun iman berbasis augmented reality
DOI:
https://doi.org/10.35793/jti.v16i4.34241Abstract
Perkembangan teknologi informasi saat ini terus berkembang dan membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia. Augmented Reality merupakan teknologi yang mampu memproyeksikan benda maya ke dalam benda nyata secara real time. Teknologi AR telah memberikan banyak kontribusi ke berbagi bidang salah satunya dalam pembelajaran seperti buku berbasis Augmented Reality. Aqidah adalah masalah yang sangat esensial dalam ajaran islam, karena aqidah merupakan dasar konsepsi dari keseluruhan ajaran islam sebagai syarat diterima atau tidaknya amal perbuatan manusia. Aqidah memuat enam rukun pokok yang dikenal dengan sebutan Rukun Iman oleh karena itu sangat penting bagi anak dalam memahami rukun iman agar anak memiliki aqidah yang kokoh. Namun media pembelajaran rukun iman saat ini masih berupa konvensional belum mengikuti perkembangan teknologi terkini, maka dibuatlah media pembelajaran baru menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC).  Sebuah aplikasi pembelajar rukun iman dalam bentuk cerita dan menggunakan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan minat anak-anak dalam belajar rukun iman.