Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Batik Nusantara

Authors

  • Widya Ingelia Wowiling
  • Virginia Tulenan
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.16.4.2021.34248

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, metode, Multimedia Development Lifecycle (MDLC), Android Studio, Smartphone, Pengenalan Batik Nusantara.

Abstract

Dunia saat ini sudah berkembang khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Banyak teknologi – teknologi yang telah berkembang untuk mempermudah aktivitas manusia baik dalam segi waktu maupun kebutuhan. Adapun teknologi yang berkembang saat ini adalah android. Penggunaan android saat ini banyak digunakan sebagai sarana untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu aplikasi pembelajaran interaktif pengenalan batik nusantara yang dapat mempermudah masyarakat untuk mengenal lebih dalam tentang batik nusantara.

Aplikasi pembelajaran interaktif ini dibuat dengan berbasis android yang dapat dijalankan di smartphone . Dalam aplikasi ini terdapat fitur berupa menu – menu seperti materi pengenalan tentang batik, daftar motif batik, menu kuis dan game puzzle sederhana.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Siklus Hidup Pengembangan Multimedia. Pembuatan Aplikasi pembelajaran pengenalan batik ini dikembangkan dengan menggunakan Android Studio. Fungsi dari Android Studio ini yaitu menyediakan antarmuka yang dapat digunakan dalam membuat suatu aplikasi.

Downloads

Published

2021-10-12