Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter

Design and Development of Mobile-Based Digital Library Application Using Flutter

Authors

  • Romario Lendo mahasiswa
  • Agustinus Jacobus
  • Heilbert Armando Mapaly

DOI:

https://doi.org/10.35793/jti.v18i1.50490

Abstract

Abstract A digital library is a service that stores and provides access to a collection of reading materials stored digitally, such as e-books, journals, newspapers, and so on. Sam Ratulangi University already has a similar service called E-Library Unsrat. However, the service only provides content search functionality and does not support borrowing, reading, and returning books. Therefore, in order to borrow books, one must visit the library unit in person. This research aims to create a mobile-based digital library system at Sam Ratulang University in Manado that provides content management services such as uploading, borrowing, reading, and returning by students for the digitized library content, accessible without having to visit the library unit. The system also ensures content protection against copyright infringement or plagiarism by implementing watermarks and content locking, preventing selection and copying. To achieve this goal, the research begins with conducting needs analysis, design, implementation or execution, and evaluation. In the implementation process, used framework Flutter to build flexible and responsive application  systems. Based on the implementation and test results, a digital library system was successfully created that can manage content and can process transactions for borrowing, reading, returning content digitally.

 

              Key words — Content Management; Digital Library, Mobile-based;

 

Abstrak Perpustakaan digital merupakan layanan yang meyimpan dan menyediakan akses ke koleksi bahan bacaan yang disimpan secara digital, seperti buku elektronik, jurnal, surat kabar, dan sebagainya. Universitas sam ratulangi telah memiliki layanan serupa yang bernama E-Library unsrat. Akan tetapi layanan tersebut hanya menyediakan layanan pencarian konten dan tidak bisa untuk melakukan peminjaman, baca, dan pengembalian buku sehingga untuk melakukan peminjaman buku, harus datang langsung ke unit perpustakaan terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sistem perpustakaan digital berbasis mobile di Universitas Sam Ratulangi Manado yang menyediakan layanan pengelolaan konten seperti pengunggahan, peminjaman, baca, dan juga pengembalian oleh mahasiswa terhadap konten - konten perpustakaan yang telah didigitalisasikan dan dapat diakses tanpa harus datang ke unit perpustakaan juga menjaga konten agar terhindar dari pelanggaran hak cipta atau plagiarisme dengan menerapkan watermark dan penguncian terhadap konten sehingga tidak bisa diseleksi dan dicopy. Untuk mencapai hal tersebut, penelitian ini dimulai dengan melakukan analisa kebutuhan, perancangan, implementasi atau pelaksanaan, dan evaluasi. Pada proses implementasi, digunakan framework Flutter untuk membangun sistem aplikasi yang responsif dan fleksibel. Berdasarkan implementasi dan hasil pengujian, berhasil dibuat sistem perpustakaan digital yang dapat melakukan pengelolaan terhadap konten - konten dan dapat melakukan proses transaksi peminjaman, baca, pengembalian konten secara digital.

Kata kunci  — Berbasis Mobile; Perpustakaan Digital; Pengelolaan Konten

Downloads

Published

2023-03-30