Pemodelan Basis Pengetahuan Layanan Informasi Universitas dengan Pendekatan Ontologi
Knowledge Base Modeling of University Information Services with Ontology Approach
DOI:
https://doi.org/10.35793/jti.v19i04.59018Abstract
Pendekatan ontologi digunakan untuk membangun representasi formal dari domain pengetahuan layanan universitas dalam konteks pengembangan sistem layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ontologi sebagai basis pengetahuan untuk pengembangan sistem layanan informasi universitas. Pengembangan ontologi, secara umum, terdiri dari proses-proses utama seperti penentuan domain pengetahuan, konseptualisasi domain pengetahuan dan transformasi model konseptual dari ontologi kedalam model formal. Dalam penelitian ini, pembangunan model konseptual menggunakan kerangka kerja METHONTOLOGY sebagai acuan dalam pengembangan ontologi. Beberapa tahapan pengembangan diantaranya adalah pendefinisian glossary of term, taksonomi konsep, relasi dan atribut. Ontologi dievaluasi menggunakan metode OntoQA, yang terdiri atas pengukuran Relationship Richness (RR), Inheritance Richness (IR) dan Attribut Richness (AR).
Penelitian ini menghasilkan model formal ontologi University Service sebagai basis pengetahuan untuk mendukung pengembangan sistem layanan informasi lingkungan universitas. Pengembangan Ontologi University Service menghasilkan 62 kelas, 19 relasi dan 18 atribut. Konsep-konsep utama dari ontologi yang telah dikembangkan terdiri atas Document, Organization, Person, Position, Procedure dan Service. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan, karakteristik ontologi yang telah dikembangkan dikategorikan sebagai ontologi yang kaya informasi dan karakteristik pengetahuan dari ontologi masuk dalam tingkatan ontologi yang cukup umum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dirko G. S. Ruindungan, Agustinus Jacobus, Rizal Sengkey, Oktavian Lantang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.