Pengaruh Atribut Produk, Harga dan Iklan Terhadap Perpindahan Merek pada Konsumen Viva Cosmetics di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.13.1.1-8Keywords:
Product Attributes;, Prices, Advertising, Brand SwitchingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Atribut Produk, Harga dan Iklan terhadap Perpindahan Merek. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 130 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode E-Kuesioner (Elektronic Kuesioner) dengan menggunakan Google Form. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : 1) secara simultan Atribut Produk, Harga, Iklan berpengaruh signifikan terhadap Perpindahan Merek; 2) Secara parsial, dua variabel bebas, yaitu harga dan iklan berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek; 3) Secara parsial atribut produk tidak berpengaruh signifikan terhadap perpindahan merek.
References
Andriani, R. E., & Untarini, N. (2015). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Mobile Broadband Smartfren. Jurnal Ilmu Manajemen 1(1): 1-13.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Firdaus & Budiman. (2021). The Impact of Brand Image, Price, and Variety Seeking on Brand Switching Behavior. Journal of Advanced Multidisciplinary Research 2(2): 78-89.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irnanda, P. N.; Wijiastuti, R.D.; Lewenussa, R.; Waly, N.A.; & Bintari, W.C. (2022). Pengaruh Iklan Smartphone Terhadap Perilaku Brand Switching Konsumen Bayung Leneir Musi Banyuasin. Jurnal Pemasaran, Keuangan, & Sumber Daya Manusia 2(2): 299-306.
Jatmiko, M. Roby. (2013). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Atribut Produk Terhadap Perpindahan Merek (Brand Switching) Kartu Seluler di STIE Totalwin Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia 12(2): 157-168.
Khsanah, U., & Cahya, B.T. (2018). Brand Switching Produk kosmetik halal: Ditinjau dari Aspek Daya Tarik Iklan dan Variety Seeking. Jurnal Akuntansi Syariah 1(2): 199-214.
Kusmano & Rahmawati. (2022). Pengaruh Ketidakpuasan, Atribut Produk dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Smartphone Auss ke Smartphone Lain (Studi Kasus Pada Konsumen Sinar Mas Seluler Cabang Tlogosari Semarang). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 4(1):74-85.
Lee, R., & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Harga, Iklan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Pada PT. Jumbo Power International Batam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 11(1): 1031-1038.
Montolalu, I.T.; Mandey, S.L.; & Poluan, J.G. (2018). Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk, dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Grand Central Tomohon. Jurnal EMBA 6(4): 2178-2187.
Orlando, J., & Harjati, L. (2022). Pengaruh Atribut Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan AA Raffi Fried Chicken Sindangbarang Bogor. Journal of Accounting & Management Innovation 6(1): 49-66.
Oscar, B., & Megantara, H.C. (2020). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. Jurnal Bisnis dan Pemasaran 10(1): 1-12.
Palupi, D.H. (2019).Viva Cosmetics Pelopor Industri Kosmetik Tropis dari Surabaya. https://swa.co.id/business-champions/brands/legend-brand/viva-cosmetics-pelopor-industri-kosmetik-tropis-dari-surabaya (Di akses pada 9 September 2022)
Pantow, E.F. (2019). The Effect Of Price And Advertising On Brand Switching Scooter Motorcycles in Manado. Jurnal EMBA 7(3): 3428-3437.
Pradana, D.; Hudayah, S.; Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja : Jurnal Ekonomi & Manajemen 14(1): 16-23.
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia. Jurnal Manajemen 6(1): 1-10.
Sari, N., & Apriliana, A. (2022). Analisis Efektivitas Iklan Smartfren Versi Kura-Kura Punya Rumah di Youtobe Dengan Aisas Model. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai 8(1): 1-9.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, A. N. (2018). Pengaruh Iklan Smartphone Terhadap Perilaku Brand Switching Konsumen Bayung Lencir Musi Banyuasin. Jurnal Manajemen Kompeten 1(2): 36-48.
Top Brand Index. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index (Diakses pada 9 September 2022)
Ramadhan, R., & Suhermin. (2016). Perpindahan Merek: Atribut Produk, Harga, dan Keterlibatan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(3): 1-19.
Rusni, A., & Marwan, M. (2021). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Krida Dinamik Auto Nusa Cabang Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis 4(2): 65-71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Program Studi Administrasi Bisnis Univeristas Sam Ratulangi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.