E-Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Generasi Millennial di Online Store Sociolla

Authors

  • Nur Aisyah Fitriasti Telkom University
  • R. Amalina Dewi Kumalasari Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.13.2.99-110

Keywords:

E-Product, E-Price, E-Place, E-Promotion, Minat Beli, Belanja Online, Sociolla

Abstract

Bisnis kecantikan semakin berkembang dengan adanya e-commerce. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan minat pembelian konsumen. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi e-marketing mix yaitu e-product, e-price, e-place dan e-promotion yang diterapkan perusahaan sehingga dapat menarik minat beli konsumen, khususnya pada minat pembelian online produk kecantikan oleh generasi millenial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sebanyak 100 kuesioner dikumpulkan dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Versi 26. Hasil penelitian bahwa e-price dan e-promotion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian, sedangkan e-product dan e-place secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap minat pembelian. Namun, secara simultan e-product, e-price, e-place dan e-promotion berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian online.

References

Achmad Rizal. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. 323.

Alamsyah, G. F. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Minyak Goreng Kunci Mas Pada Pt. Sarimekar Cahaya Persada Sampit. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2).

Alma, H. B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV ALFABETA.

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Bisma, M. A., & Pramudita, A. S. (2020). Analisa Minat Pembelian Online Konsumen Pada Saluran Distribusi Digital Marketplace Online di Kota Bandung. Competitive, 14(2), 36–44. https://doi.org/10.36618/competitive.v14i2.617

Cahya, A. D., Ayu kristiani, F., Sari, Nova, D., & Mayrenda, N. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Konveksi Ega Collection. Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 113–126.

Dhammesta, B. S. (2018). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.

Dihni, V. A. (2022). Riset: Milenial Paling Gemar Belanja Online Saat Pandemi. https://databoks.katadata.co.id/

Dominici, G. (2009). From Marketing Mix to e-Marketing Mix: a literature overview and classification. International Journal of Business and Management, 4(9). https://doi.org/10.5539/ijbm.v4n9p17

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.

Harisno, H., & Herby, D. (2018). The Analysis of Factors Affecting the Buying Interest of E-Commerce Customers. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 12(1), 13. https://doi.org/10.21512/commit.v12i1.2089

Hasibuan, L. (2022). Industri Kecantikan Tahan Krisis, Laris Manis Meski Pandemi. https://www.cnbcindonesia.com/

Irawati, R. (2021). Pengaruh E-Marketing Mix Umkm Kuliner Malang Terhadap Minat Beli Generasi Millenial Pada Start-Up Food Delivery Online Di Masa Pandemi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Framework for Marketing Management. Pearson Prentice Hall : USA.

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing, Fourth European Edition. Pearson Education Limited.

Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(1), 41–49.

Padmalia, M. (2019). Discriminant Analysis of E-Marketing Mix in Online Purchasing Decision and its Implication for Millenials Students Education. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 163–174. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i2.3329

Pogorelova, E. V., Yakhneeva, I. V., Agafonova, A. N., & Prokubovskaya, A. O. (2016). Marketing mix for e-commerce. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14), 6744–6759.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Alfabeta.

Rizaty, M. A. (2022). Ini Sederet Alasan Seseorang Berbelanja Impulsif di E-Commerce. https://dataindonesia.id/

Rosad, S. d. (2015). Manajemen Pemasaran. In Media.

Saryono, O., Darna, N., & Faruk, M. (2016). The Effects of Marketing Mix to Buying Interest and Their Implication toward the Decision of Choosing Private Higher Education. 14, 37–39. https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.9

Sheth, J. N., & Sharma, A. (2005). International e-marketing: Opportunities and issues. International Marketing Review, 22(6), 611–622. https://doi.org/10.1108/02651330510630249

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Stevina, E., & Brahmana, R. K. M. R. (2015). Pengaruh brand identity terhadap purchase intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 3(1), 1–8.

Strauss, Frost, R. (2009). E-Marketing (5th ed.). New Jersey : Prentice-Hall.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (Cetakan ke). Alfabeta.

Sutejo, B. S. (2006). Internet Marketing : Konsep Dan. Jurnal Manajemen, 6(1), 41–57.

Swastha, B. & I. (2008). Manajemen Pemasaran Modern (ed 2 cet 1). Liberty.

Taherdoost, H., & Jalaliyoon, N. (2014). Marketing vs E-Marketing. In International Journal of Academic Research in Management (IJARM) (Vol. 3, Issue 4). https://www.researchgate.net/publication/282654148

Tarjo. (2020). The Effect of Marketing Mix on Buying Interest (Study at Mentari Muara Bungo Supermarkets). International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 52(2), 68–83.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian, Edisi Terbaru. ANDI.

Walean, R. H., Harianja, H., & Karwur, E. N. (2020). The Effect of Marketing Mix Towards Consumer Purchase Intention in Carrefour Transmart Kawanua. Klabat Journal of Management, 1(2), 20–40.

Widyaningrum, N. A. (2017). Dampak Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Crispy Rice Crackers. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Vol. 1 No.

Wolff, H. N. (2022). Most popular e-commerce sites for cosmetics in Indonesia as of 2nd quarter 2022, by monthly web visits. https://www.statista.com/

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

Fitriasti, N. A., & Kumalasari, R. A. D. (2023). E-Marketing Mix Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Generasi Millennial di Online Store Sociolla. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 13(2), 99–110. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.99-110

Issue

Section

Articles