Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix

(Studi Kasus Pada Masyarakat di Bandar Lampung)

Authors

  • Resky Eldiansyah Universitas Teknokrat Indonesia
  • Emi Suwarni Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35797/jab.13.2.130-138

Keywords:

Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

The purpose of this study was to determine 1) whether Brand Image can influence customers in purchasing decisions.  2) whether Price can influence customers in purchasing decisions 3) whether Product Quality can influence customers in purchasing decisions. The population of this study was all customers who knew and bought Toyota Kijang Innova Zenix hybrid vehicles in Bandar Lampung. The sample used in this study had 154 respondents. The sampling method used is a non-probability sample with a purposive sampling technique. Overall, the results of this study are 1) Brand image has a positive effect on Purchasing Decisions, 2) Price has a positive effect on Purchasing Decisions, and 3) Product quality has a positive effect on Purchasing Decisions.

References

Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.

Artini, N. W., Astrama, I. M., & Premayani, N. W. W. (2021). “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek.” Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1179–1188.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Análisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iwan Sahara, N., & Adi Prakoso, F. (2020). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA) Journal Homepage Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1177, 1–11.

Komalasari, Y., Haryuda, K., Rohaeni, H., & Yuliana, W. (2020). Analisis Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling di PT Arista Group Bandung | Jurnal Sain Manajemen. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 12–19.

Kotler, P. &. (2016). Marketing Management. Global Edition: Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson Education.

Kualitas, P., Citra, D., Terhadap, M., Pembelian, K., Motor, S., Agus, K., Ary Wibawa, A., Ketut Kirya, I., & Suwendra, W. (2018). Bisma: Jurnal Manajemen | 121. Bisma: Jurnal Manajemen, 4(2), 121–127.

Larosa, S. R., & Dr Y. Sugiarto PH, S. (2017). ( Studi Kasus Pada Warung-Warung Makan di Sekitar Simpang Lima Semarang ). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian, 1–25.

Laurens, S. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada PT. Tridjaya Motor Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 28. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23528.28-34

Marvianta, Y. B. A., & Saputra, A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Citra Merek dan Implikasinya pada Keputusan Pembelian Mobil Diecast. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3356–3365. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3403%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/3403/2898

Prasetiyo, D., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Avanza PT. Nasmoco Gombel Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 609–616.https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28936

Pratama, A. N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 425–436. https://journals.upiyai.ac.id/index.php/IKRAITHEKONOMIKA/article/view/1331%0Ahttps://journals.upiyai.ac.id/index.php/IKRAITHEKONOMIKA/article/download/1331/1066

Schiffman dan Kanuk, 2015. Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.

Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. http://journal.feb.unmul.ac.id

Sofyan Yeni Andriyani STIE Muhammadiyah Bandung Jl Karapitan No, Y. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada Auto 2000 Cabang Asia Afrika Bandung. 1(2).

Susanto, D. M., & Cahyono, K. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya) Krido Eko Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10 No. 1, 1–2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Wang, Y.-H., & Li-Yan Chen, R. (2016). An Empirical Study of the Effect of Perceived Price on Purchase Intention Evidence from Low-Cost Carriers. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41170. www.ijbssnet.com

Yahya, T. A., Burhanuddin, B., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Calya Di Nasmoco Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02), 517–524. https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.666

Zebuah, A. J., Pemasaran, M., Tinggi, S., Graha, I. E., Muara, K., & Jambi, B. (N.D.). Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.61─68.

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

Eldiansyah, R., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix: (Studi Kasus Pada Masyarakat di Bandar Lampung). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 13(2), 130–138. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.130-138

Issue

Section

Articles