Reputasi dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Pembelian Produk Tapis

Studi Kasus Pada Rahayu Gallery

Authors

  • Ahmad Palma Anshori Universitas Teknokrat Indonesia
  • Shiwi Angelica Cindiyasari Universitas Teknokrat Indonesia

Keywords:

reputasi, keyakinan pembeli, tapis produk

Abstract

Penjualan produk kain sarung di Rahayu Gallery pada tahun 2023 masih sedikit dan mengalami penurunan setiap bulannya. Menurut pengelola Galeri Rahayu, hingga saat ini kain tapis di Galeri Rahayu belum banyak diketahui masyarakat sehingga kunjungan ke Galeri Rahayu sangat sedikit. Hal ini juga mempengaruhi tingkat penjualan produk tapis yang dijual Rahayu Gallery, oleh karena itu diperlukan langkah untuk meningkatkan kepercayaan pembelian produk Tapis di Rahayu Gallery terutama dengan meningkatkan reputasi dan electronic Word of Mouth. Jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Tapis di Galeri Rahayu sebanyak 70 orang dan sampel sebanyak 70 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Tapis di Galeri Rahayu. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Tapis di Galeri Rahayu. Reputasi dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pembelian produk Tapis di Rahayu Gallery.

References

Al-Debei, 2015. Sikap Konsumen, Keyakinan, Persepsi dan Pengaruh Penawaran Internet terhadap Belanja Online. Riset Internet, Volume 25, Nomor 5, Halaman 707-733.

Chen, SC dan Dhillon, GS 2003. Menentukan Dimensi Kepercayaan Konsumen dalam Perdagangan Elektronik, Teknologi Informasi dan Manajemen, 4, 303-318.

dan Dita Septiari. (2018). Pengaruh E-WOM sebagai mediator kualitas dan kepercayaan website. Penampilan yang bagus. Buku 22 no. Februari 2018

Ghozali Imam 2018. Analisis Multivariat Menggunakan Spss. Semarang: Pers Universitas Diponegoro.

Gregg, DG dan Walczak, S. (2010) "Kualitas Situs Web, Kepercayaan dan Nilai Belanja Online." Jurnal Penelitian Perdagangan Elektronik.

HAekAI. (2016). Dampak promosi elektronik dari mulut ke mulut terhadap keberlanjutan dan pengambilan keputusan (survei terhadap konsumen fesyen)Aakun Instagram Erigostore). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 40 negara. 2.

Jalivand, MR dan Samiei, N. (2012), "Pengaruh informasi elektronik dari mulut ke mulut pada pemilihan ulasan perjalanan: analisis pola perilaku (TPB)", Internet Research, Vol. 22 Rombongan : 17.00 591-612 : M.

Kim, Hye-jung, dan Neam, LS (2009). "Dampak Kualitas Situs Web terhadap Kualitas Informasi, Penjualan, dan Kepuasan Penjualan." Jurnal Pemasaran Interaktif.

Kim, S. & Park, hal. Dampak berbagai aspek e-commerce (commerce) terhadap kepercayaan pelanggan. Jurnal Pemasaran Interaktif.

pelek. dll. 2001. Pasar Industri Berkelanjutan di Asia. Aula Prentice. Singapura.

McKnight, DH Choudhury dan Kacmar, C. (2002). Edisi Khusus Penilaian Perusahaan E-Commerce dan Net, Bagian 2/2: Desain dan Implementasi Keamanan E-Commerce: Penelitian 13: 334-359.

Meta Ariska. (2017). Pengaruh Nama Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). JOM FISIP Vol.4 No. Desember.

Nadia binti Tassin. (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan nasabah terhadap online banking oleh pengelola bank. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Malaysia. Jilid 2, Bab 3.

Nur Afia. (2018). Pengaruh Keamanan, Reputasi, dan Pengalaman terhadap Kepercayaan Pengguna Internet terhadap Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Tahun 2018.

Lea dkk. (2018) Pengaruh Electronic Word of Mouth Sebagai Mediator Terhadap Keputusan Partisipasi Dan Kepercayaan Pembeli Universitas Saia Kuala. Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen keuangan. Jilid 3.

Rizky Kurniawan dan lainnya. Pengaruh Kualitas Internet (Webqual 4.0) terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Website E-commerce (Survei Konsumen PT. B). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Jilid 62.

S. Sfenrianto, T. Wijaya, dan G. Wang, “Mengevaluasi kepercayaan dan kepuasan pembeli di e-marketplace,” Jurnal Penelitian Perdagangan Elektronik Teoritis dan Terapan, Vol. 2. Tolong bantu saya. 43-57, 2018

Jonatan. 2012. “Metodologi Penelitian Disertasi: Metode Kuantitatif (Menggunakan SPSS).” PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Sekaran, Umma. 2013. Penelitian Bisnis, Jakarta, Salemba Empath.

Sugiyono. (2018). Statistik untuk analisis. Penerbit surat itu. Jakarta.

Published

29-10-2024

How to Cite

Anshori, A. P., & Shiwi Angelica Cindiyasari. (2024). Reputasi dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Pembelian Produk Tapis: Studi Kasus Pada Rahayu Gallery. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 14(2), 157–163. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jab/article/view/58707

Issue

Section

Articles