Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Beef Boss di Kelapa Gading
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.v15i2.61550Keywords:
Kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, beef bossAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di cabang Beef Boss Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 130 responden, terdiri dari 30 pra-responden dan 100 responden utama yang telah mengunjungi serta mengonsumsi produk Beef Boss dalam enam bulan terakhir. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan metode purposive sampling. Analisis dilakukan dengan SPSS 26 melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, serta regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) dengan koefisien regresi 0.545 dan kualitas pelayanan (X2) dengan 0.919 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Uji F menghasilkan nilai 89.764 (p = 0.000), sementara uji t menunjukkan t-hitung 3.847 untuk kualitas produk dan 8.092 untuk kualitas pelayanan. Koefisien determinasi sebesar 0.649 menunjukkan bahwa 64.9% variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut.
References
Amalia, S., Hanapia, A. Y., Kadarisman, E., & Sukarso, A. (2023). Analisis Pengaruh Sektor Industri Pangan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Tahun 2001-2022. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.37058/wlfr.v4i1.7050
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Dela Dewi Permata, Malakiano, S., Sadam, M., Ega Radiansyah, & Syahidah, D. N. (2025). Analisis Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mie Gacoan Cikarang. Global Leadership Organizational Research in Management, 3(1), 01–09. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/glory.v2i4.2070
Dihni, V. A. (2022). Jumlah Usaha Penyedia Makanan & Minuman di DKI Jakarta Terbanyak se-Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/layanan-konsumen-kesehatan/statistik/4455b77952b28d4/jumlah-usaha-penyedia-makanan-minuman-di-dki-jakarta-terbanyak-se-indonesia
Hartono, A. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Di Restoran the Naked Crab Surabaya. Encyclopedia of Systems Biology, 1646–1646.
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255
Indonesia.go.id. (2024). Lezatnya Industri Makanan dan Minuman. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8135/lezatnya-industri-makanan-
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing 17e.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G., & Balasubramanian, S. (2023). Global Edition Principles Of Marketing Nineteenth Edition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 e). Pearson Education Limited.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management 16e (16e ed.).
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737.
Memon, M., Ting, H., Cheah, J.-H., Thurasamy, R., Chuah, F., & Huei Cham, T. (2020). Sample Size For Survey Research: Review And Recommendations. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 4(2), 2590–4221.
Muslimin, D., Isalman, & Patulak, L. E. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. Cv. Selfietera Indonesia. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1).
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. 1, 105–113.
Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644
Sidharta, E. L., & Keni, K. (2017). Pengaruh Service Fairness, Empathy Dan Physical Environment Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty. Jurnal Manajemen, 19(2), 263. https://doi.org/10.24912/jm.v19i2.122
Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual ± Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (2nd ed.). Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sukwadi, R., Sukwadi, R., Nguyen, T., & Bich, T. (2022). Perbaikan Kualitas Layanan Menggunakan Model Hibrid Analisis Big Data: Kasus Restoran Barbeque Korea AYCE. Teknik, 43(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/teknik.v43i1.32949
Syafitri, D. E. (2024). Analisis Penerapan Strategi Bauran Pemasaran pada Bisnis Agrowisata ( Studi Kasus CV . Empang Emak Niyah ). 1(2), 191–219.
Wardhani, D. C. L. S., & Rusliana, N. (2023). Kualitas pengelolaan keuangan: keterampilan dan pengetahuan pegawai dalam mengoperasikan SISMIOP pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 157–175.
Yuniar, N. (2023). Menikmati daging panggang dalam nuansa Jepang di Beef Boss. ANTARA. https://www.antaranews.com/berita/3610014/menikmati-daging-panggang-dalam-nuansa-jepang-di-beef-boss
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
